Sukses

Pasangan Turis Picu Kemarahan Warga Hawaii Usai Sebar Konten Sentuh Anjing Laut

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan turis asal Louisiana, Amerika Serikat, meminta maaf dan didenda setelah menyentuh anjing laut Hawaii yang terancam punah. Aksi mereka menjadi viral lewat sebuah video di TikTok.

Video menyentuh anjing laut Hawaii itu lantas memicu kemarahan warganet setempat di jagat maya. Suami istri bahkan bernama Stephen dan Lakyn menerima ancaman pembunuhan dan meminta nama belakang mereka tak dipublikasi.

Akun TikTok istrinya pun telah diprivat. "Kami sangat menyesal," kata Stephen kepada Honolulu Star-Advertiser.

"Kami mencintai Hawaii dan budayanya. Kami tidak bermaksud menyinggung siapa pun. Kami menghormati budaya," lanjutnya.

Video menunjukkan Lakyn menyentuh anjing laut Hawaii pada Juni di sebuah pantai di Kauai. Begitu ia menyentuh anjing laut yang sedang beristirahat, hewan itu mengangkat kepalanya dan menggeram kepadanya.

Hal tersebut membuat Lakyn berteriak dan lari dari anjing laut itu. Pasangan ini berada di Kauau untuk berbulan madu setelah menikah di Kapalua, Maui.

2 dari 5 halaman

Meminta Maaf

Stephen menyebut ini adalah kali pertama mereka melihat anjing laut Hawaii. Mereka tidak mengetahui hukum yang berkaitan dengan spesies yang terancam punah tersebut.

"Kami tidak melihat ada tanda-tanda. Kami tidak tahu apa-apa, tapi saya tahu itu bukan alasan," tambah pria itu.

Juru bicara NOAA Fisheries, Pacific Islands Regional Office Stefanie Gutierrez menyebut, Kantor Penegakan Hukum Perikanan NOAA secara aktif menyelidiki insiden tersebut. Stephen menyebut otoritas NOAA pada 11 Juli 2021 telah menghubungi dirinya dan istri.

Mereka didenda yang tidak diungkapkan nominalnya. "Kami dengan tulus meminta maaf jika kami menyinggung penduduk setempat," kata Stephen.

"Kami pecinta binatang. Kami tidak mencoba membahayakan atau mengancam atau menakuti hewan apa pun. Kami sangat menyesal. Kami akan belajar dari kesalahan ini," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Dilindungi Undang-Undang

Menyentuh atau mengganggu anjing laut Hawaii dianggap sebagai kejahatan Kelas C di bawah undang-undang negara bagian dan federal. Pelanggar terancam hukuman hingga lima tahun penjara dan denda hingga 50 ribu dolar AS atau setara Rp727 juta.

Pada April 2018, NOAA mendenda seorang pria asal Alabama sebesar 1.500 dolar AS atau sekitar Rp21,8 juta. Hal ini terjadi setelah pria itu mengunggah video di Instagram yang memperlihatkan dirinya menyentuh anjing laut Hawaii yang terancam punah dan menganggu kura-kura laut saat berlibur di Kauai.

Populasi anjing laut Hawaii dilindungi oleh Undang-Undang Spesies Terancam Punah dan Undang-Undang Perlindungan Mamalia Laut. Diperkirakan ada 1.400 anjing laut biarawan yang hidup, sekitar 1.100 di Kepulauan Hawaii Barat Laut dan 300 di Kepulauan Hawaii utama.

4 dari 5 halaman

Hati-Hati 5 Tanda Daya Tahan Tubuh Menurun Saat Pandemi Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: