Sukses

5 Cara Cepat Tumbuhkan Rambut Akibat Potongan Tak Sesuai Keinginan

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang tentu pernah mengalami potongan rambut yang tidak sesuai keinginan ketika usai pergi ke salon. Ada saat-saat Anda menyesal kejadian tersebut dan memintanya kembali seperti semula.

Namun, hal tersebut tidak mungkin terjadi kecuali Anda mengeluarkan biaya tambahan besar untuk metode menyambung rambut. Meski bagitu, sebenarnya ada cara lain agar rambut kembali seperti semula dan tak perlu merogoh kocek. 

Berikut lima cara cepat menumbuhkan rambut akibat potongan tak sesuai keinginan. Liputan6.com merangkum lima di antaranya seperti dikutip dari laman AsiaOne, Kamis, 24 Juni 2021.

1. Tambahkan Kopi

Hal pertama yang dilakukan untuk mengembalikan rambut Anda adalah menggunakan tambahan kopi ke dalam sampo. Ada beberapa manfaat yang terkandung dalam kopi bagi rambut untuk jauh lebih sehat dan mempercepat pertumbuhan.

Mengoleskan kopi secara topikal ke rambut dan kulit kepala dapat menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali. Dengan menambahkan kopi ke dalam rutinitas sampo dapat membantu mengembalikan dengan cepat potongan rambut  yang tak sesuai keinginan, dilansir dari Healthline.

Dalam sebuah penelitian laboratorium 2007, para peneliti menemukan bahwa kafein bekerja untuk memblokir efek hormon kebotakan (Dihydrotestosterone/DHT), serta merangsang pertumbuhan rambut dan durasi anagen yang berkepanjangan. Hal tersebut  dapat menghasilkan tampilan rambut yang lebih sempurna dan tebal.

2 dari 7 halaman

2. Gunakan Air Beras

Jika Anda ingin mempercepat pertumbuhan rambut bisa menggunakan air beras ke dalam rutinitas perawatan. Meskipun tidak ada penelitian ilmiah yang pasti bahwa air beras membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Air beras mengandung bahan inositol yang berfungsi untuk menembus rambut rusak dan memperbaikinya dari dalam ke luar. Bahkan, air beras dapat melindungi rambut dari kerusakan.

Namun, perlu diingat menggunakan air beras dalam perawatan rambut dilakukan dua kali dalam seminggu. Hal tersebut supaya mendapatkan hasil maksimal untuk rambut agar melihat perbedaan panjang, ketebalan, elastisitas, dan kekuatan rambut Anda.

3 dari 7 halaman

3. Pilih Gaya Kuncir

Sebagian orang percaya bahwa gaya rambut dapat membantu pertumbuhan rambut alami yang cepat. Untuk gaya rambut disarankan untuk diikat di bagian belakang membentuk pita untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Jika tidak terbiasa, gaya ini memerlukan banyak tarikan atau penyisir rambut.

Selain itu, Anda juga bisa menguncir rambut bagian belakang dengan kuncir kuda atau sanggul yang tinggi. Cobalah untuk membuat sanggul rendah atau kepang yang longgar untuk menjauhkan rambut dari wajah Anda. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi ketegangan, kerusakan, pada rambut dan juga akan membantu mempertahankan panjang rambut.

4 dari 7 halaman

4. Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat sangat bermanfaat bagi tubuh dan sistem kekebalan. Tapi banyak yang tak menyadari bahwa itu meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke seluruh tubuh. Umumnya, gaya hidup sehat dapat meningkatkan aliran darah sehingga lebih banyak nutrisi dan oksigen mencapai kulit kepala.

Selain itu, usahakan olahraga kardio yang teratur sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati dan dapat mencegah gangguan pada siklus rambut alami. Selain itu, berolahraga dapat mengurangi atau menghilangkan beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan kerontokan rambut.

5 dari 7 halaman

5. Pilih Makanan yang Tepat

Selain memilih gaya hidup sehat, diet seimbang dengan nutrisi yang tepat secara teratur tidak hanya bermanfaat bagi rambut Anda, tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan. Dalam jangka panjang, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat rambut, dan bahkan meningkatkan sirkulasi kulit kepala.

Dengan memilih makanan yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan rambut Anda. Beberapa makanan yang dapat Anda pertimbangkan untuk ditambahkan ke dalam diet Anda termasuk stroberi, salmon, pistachio, tiram, lentil, jambu biji, kayu manis, daging tanpa lemak, dan sereal gandum utuh. (Muhammad Thoifur)

6 dari 7 halaman

4 Jenis Potongan Rambut Buat Usia 20-an

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: