Sukses

IU Dikabarkan Beli Apartemen Mewah Baru Senilai Rp165 Miliar, Dibayar Tunai

Liputan6.com, Jakarta - Jagat maya sebelumnya dihebohkan dengan kabar anggota BTS, RM dan Jimin yang membeli apartemen mewah. Selain mereka, penyanyi sekaligus aktris Korea Selatan, IU, juga dikabarkan membeli apartemen mewah dengan pemandangan Sungai Han.

Pemilik nama lengkap Lee Ji-eun ini disebut membeli flat mewah senilai puluhan miliar Won. Dilansir South China Morning Post, Senin (21/6/2021), menurut Biz Hankook, IU merogoh kocek 13 miliar won sekitar Rp165 miliar untuk membeli flat mewah baru di Eterno Cheongdam pada Februari 2021.

Pembangunan flat mewah 20 lantai dengan empat lantai bawah tanah ini akan selesai sekitar September 2023. Kompleks ini hanya memiliki 29 unit dengan penthouse flat IU sekitar 2.600 kaki persegi atau sekitar 241,5 meter persegi.

IU jadi sorotan saat membelinya dengan uang tunai, yang jadi suatu keharusan dalam kasus ini. Hal itu mengingat properti tersebut terletak di lingkungan Cheongdam yang makmur.

Di area ini, pemerintah setempat telah melarang pinjaman untuk pembelian properti dalam upaya untuk mengatur overheated market. Pada 2019, pesohor ini menjual vilanya di Bangbaedong seharga 860 juta won atau Rp10,9 miliar setelah membelinya pada 2012 seharga 840 juta won atau sekitar Rp10,6 miliar, menurut The Korea Herald.

Selain berita soal pembelian IU jadi berita utama, begitu pula tingkat kemewahan dan harga properti. Diperkirakan, lantai atas Eterno Cheongdam yang disebut "Super Pent" akan dihargai sekitar 26,5 juta dolar AS atau Rp383 miliar menurut Surat Kabar Bisnis Maeil.

2 dari 5 halaman

Karya Arsitek Ternama

Nilai fantastis itu dengan mudah melampaui harga flat paling mahal yang dijual pada 2021, yaitu Penthouse Cheongdam (PH129), dengan harga sekitar 14,4 juta dolar AS atau Rp208 miliar, menurut survei nilai tanah yang dilakukan pada Maret oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi.

Sementara, arsitek pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker, Rafael Moneo jadi sosok di balik penciptaan penthouse mewah tersebut. Ia dikenal karena karyanya di National Museum of Roman Art di Spanyol dan Cathedral of Our Lady of the Angels di Los Angeles, California.

Arsitek ini menjadikan Eterno Cheongdam proyek pertamanya di Asia. Pengembangan kelas atas ini akan memiliki pemandangan Sungai Han yang indah dari jendela dari lantai ke langit-langitnya.

3 dari 5 halaman

Hunian Mewah

Menurut wawancara Chosun Biz pada 2020, desainer ini berharap untuk membuatnya menjadi salah satu landmark Seoul. Hal tersebut sesuai dengan nama "Eterno", yang berarti "abadi" dalam bahasa Spanyol.

Mengingat penthouse masih dibangun, IU diperkirakan tinggal di flatnya di di Raemian Caelitus di distrik Yongsan. Kawasan itu juga terkenal dengan pemandangan Sungai Han.

Flat tersebut adalah bangunan 56 lantai, tertinggi ke-12 di seluruh Seoul. Nilai Raemian Caelitus berkisar antara 2,6 juta dolar AS hingga 3,3 juta dolar AS (Rp37,6 miliar--Rp47,7 juta), menurut Dewan Real Estate Korea.

4 dari 5 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: