Sukses

Ramai Selebritas Pria Kembali Populerkan Penggunaan Cat Kuku

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ramai selebritas pria menggunakan cat kuku. Pada Mei lalu, Machine Gun Kelly bikin kehebohan di Billboard Music Awards di Los Angeles berkat tampilannya yang tak biasa. Kelly datang dengan memakai nail art di acara penghargaan music tersebut. Beberapa hari kemudian, ia juga memakai kuku panjang yang menjadi perhatian di ajang iHeartRadio Music Awards.

Machine Gun Kelly adalah salah satu dari sejumlah pria terkenal yang menyukai seni kuku atau nail art. Melansir SCMP, Kamis (10/6/21), beberapa selebrias pria adalah rapper A$AP Rocky, Bad Bunny, Harry Styles, komedian Pete Davidson, dan model Anwar Hadid. Ada yang mengecat kuku mereka untuk tampil jadi model majalah, atau hanya karena mereka terbiasa.

Tren ini mendorong semakin banyak salon kuku di Amerika Serikat dan Eropa menarik klien baru yaitu pria yang mencari sesuatu berbeda untuk tangan mereka. "Ini benar-benar tren yang nyata – kami melihat lebih banyak pria datang ke studio dan meminta cat kuku dan sekarang nail art," kata Amy Ling Lin, pendiri Sundays, sebuah studio perawatan kuku di New York yang berfokus pada kesehatan.

"Sangat menarik bahwa pria tidak membatasi diri untuk menggunakan warna atau seni yang aman; kami telah melihat pria meminta warna hitam murni ke biru cerah, atau mengecat jari kaki mereka semua jadi putih. Klien kami juga meminta seni kuku mata jahat dan desain minimalis," lanjut Amy.

Lin merujuk ke A$AP Rocky sebagai selebritas yang telah melakukan banyak hal untuk menormalkan seni kuku untuk pria dan membantu membuatnya menjadi tren. Tidak hanya di Barat, nail art mulai berkembang di wilayah Asia. Rapper Tiongkok Zhou Zhennan dan Kris Wu juga membantu mendorong tren ini di Asia.

Menurut Carroll Lee, salah satu pendiri Tinted., salon kuku di Causeway Bay di Hong Kong, seni kuku sudah berkembang luas di sana. "Kami belum akan mengatakan bahwa itu arus utama, tetapi di antara komunitas yang lebih berani dan kreatif, kami telah melihat peningkatan permintaan. Kami merasa nail art hanyalah cara lain untuk mengekspresikan diri, sama seperti tato," terangnya.

Seni kuku dan cat kuku untuk pria bukanlah hal baru. Dari akhir 1960-an dan seterusnya, anggota band glam rock, punk dan metal sering memakai paku yang dicat sebagai bagian dari pakaian panggung mereka. Bagi legenda musik David Bowie, itu adalah elemen penting dari alter ego dirinya, Ziggy Stardust.

Rekan penyanyi lainnya seperti Marc Bolan, Iggy Pop, Ozzy Osbourne, Keith Richards, Robert Smith, dan Kurt Cobain juga merupakan penggemar cat kuku yang terkenal.

2 dari 5 halaman

Salon Kuku

Dampaknya, kuku yang dicat untuk pria telah dilihat sebagai kekhasan seorang bintang rock yang memberontak, bukan sesuatu yang modis atau bentuk ekspresi.  Apa yang berubah adalah banyaknya salon kuku yang melayani pria seperti halnya wanita, dan munculnya media sosial.

"Melihat selebritis besar melakukannya pasti membuatnya tidak terlalu tabu, tetapi kami juga melihat lebih banyak posting di media sosial, jadi pasti ada lebih banyak inspirasi dan komunitas pria yang ingin berbagi kecintaan mereka pada seni kuku semakin berkembang," kata Tinted.' salah satu pendiri, Carmen Lau.

Salon kuku juga telah membuat diri mereka lebih menarik bagi pelanggan pria. Carmen Lau meluncurkan kampanye yang disebut Menicure Monday yaitu menawarkan diskon manikur 20 persen untuk pria dan, jika seorang gadis membawa seorang pria, keduanya akan mendapatkan diskon 20 persen untuk layanan.

"Kami ingin mempromosikan gagasan bahwa perawatan kuku sebagai bentuk perawatan diri adalah untuk semua orang, bukan hanya anak perempuan," ujar Lin.

3 dari 5 halaman

Maskulin atau Feminin

Meningkatnya penerimaan terhadap fluiditas gender (tetap fleksibel tentang identitas gender dan tidak berkomitmen pada definisi tunggal) di kalangan anak muda, dan meningkatnya produk fesyen, serta kecantikan adalah pendorong lain tren seni kuku pada pria.

Yang mendasari hal ini adalah para pria muda dengan lebih sedikit menggantung tentang apa yang dianggap maskulin atau feminin dalam mode, yang memiliki kebebasan (atau setidaknya penampilan kebebasan) untuk lebih kreatif dengan gaya pribadi mereka.

Nail art untuk pria berpotensi menjadi bisnis yang menggiurkan bagi perusahaan kecantikan. Tahun lalu, Chanel meluncurkan lini cat kuku untuk pria, sementara Machine Gun Kelly meluncurkan lini cat kukunya sendiri, UN/DN. ""Saya pikir ini akan menjadi lebih populer karena semakin banyak pria yang merasa nyaman dengan ide pergi ke salon kuku," tambah Lin.

"Ini, ditambah dengan lebih banyak ikon pria yang mencoba cat kuku, akan mengarah pada efek menetes ke bawah – tetapi kami masih beberapa tahun lagi untuk melihatnya pada pria setiap hari," tutup Lin.  (Jihan Karina Lasena)

4 dari 5 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: