Sukses

Mengenal Lebih Dekat Sophia Rogan, Miss Grand Indonesia 2021

Liputan6.com, Jakarta - Sophia Rogan dinobatkan sebagai pemenang Miss Grand Indonesia 2021 pada Kamis, 20 Mei 2021. Ia dianugerahi mahkota kemenangan oleh Ivan Gunawan selaku National Director Miss Grand Indonesia dan pemegang lisensi kontes kecantikan melalui Yayasan Dunia Mega Bintang.

Malam penganugerahan Miss Grand Indonesia 2021 disiarkan langsung dari channel YouTube Ivan Gunawan. Sophia Rogan akan melanjutkan tongkat estafet dari Aura Kharisma untuk berlaga di ajang Miss Grand International 2021.

Sophia Rogan lahir di Whitehaven, Inggris, pada 28 Februari 2002. Ia memiliki darah Inggris dari ayahnya dan Indonesia dari ibunya. Sebelum terjun di kontes Miss Grand Indonesia, perempuan dengan tinggi 182 cm ini, sudah terjun di dunia modeling sejak berusia 15 tahun di Hongkong.

Perempuan berusia 19 tahun ini, baru saja menyelesaikan pendidikan dari bangku SMA di Australian Independent School, Bali, pada November 2020 lalu. Sophia akan melanjutkan pendidikannya di jurusan business management dan fashion business and management dan telah mendaftar di lima universitas berbeda di Inggris.

Sepanjang hidupnya, ia pernah tinggal di Inggris, Dubai, Makau, Indonesia, Qatar, Filipina, dan Hong Kong yang menjadi pengalaman istimewa baginya. "Itu telah secara signifikan membentuk pandangan saya terhadap dunia," kata Sophia kepada Liputan6.com, Sabtu, 22 Mei 2021.

Selama tinggal di luar negeri, ia telah belajar di banyak sekolah internasional. Karena itu, ia telah menjalani beberapa kurikulum yang berbeda untuk lulus dari program Baccalaureate international. "Itu adalah program ketat selama dua tahun yang sangat menekankan pertumbuhan pribadi dan akademis," lanjutnya.

Bukan tanpa alasan Sophia tertarik mengikuti kontes Miss Grand Indonesia. Hal tersebut dikarenakan ada banyak hal yang ingin ia suarakan, mulai dari perubahan iklim, perusakan hutan hujan, konsumsi air, polusi air, kelaparan dunia, penggunaan lahan, dan ekstensi satwa liar.

"Saya percaya bahwa Miss Grand Indonesia memberi saya platform, di mana saya dapat menggunakan suara saya untuk menjamin tujuan-tujuan yang saya pegang teguh di hati saya," kata Sophia.

Setelah menyandang gelar Miss Grand Indonesia 2021, rencana Sophia selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk mewakili Indonesia di kontes Miss Grand International.

"(Persiapan) termasuk jadwal gym yang menyeluruh, mempelajari rutinitas menari, dan menyempurnakan keterampilan berbicara di depan umum dan tanya jawab saya," ujar Miss Grand Indonesia 2021.

2 dari 4 halaman

Advokasi Sophia Rogan

Sophia mengaku, dahulu ia sempat berpikir kontes kecantikan hanya persoalan fisik semata. Namun pola pikirnya berubah dan melihat ajang ini memungkinkan seseorang untuk mendiskusikan masalah sosial

"Ratu kecantikan seperti 'warriors' dan mereka sangat terlatih untuk menyampaikan pesan kuat dari keyakinan mereka tentang berbagai penyebab kepada publik dan itulah yang benar-benar penting pada akhirnya," tambahnya.

Sophia Rogan mendefinisikan kecantikan sebagai kebalikan dari kesempurnaan. "Kecantikan adalah menerima dan merangkul diri Anda sendiri, mengetahui sepenuhnya semua kekurangan anda, ini tentang memiliki jiwa yang berdampak dan pikiran terbuka," jelasnya.

Sementara itu, Sophia juga adalah seorang vegan. Setelah menyabet gelar Miss Grand Indonesia 2021, kampanye itu pula yang akan disuarakannya.

"Saya akan berbicara tentang berbagai penyebab lingkungan yang terkait dengan gaya hidup vegan," ungkap Sophia.

Bicara soal role model, ikon film dan mode dunia, Audrey Hepburn adalah sosok yang menginspirasi Sophia. Ia menyebut, Audrey Hepburn tak hanya legenda film, namun selera fashion-nya yang abadi dan elegan, ditambah aksi filantropinya sebagai Duta UNICEF.

"Dia adalah warisan dan telah meninggalkan jejak yang begitu signifikan di dunia, karena dia menggunakan kariernya untuk membantu menyebarkan kesadaran akan masalah yang dihadapi beberapa negara dunia ketiga pada saat itu," jelas Sophia.

Sementara, Sophia juga berkisah mengenai perjalanannya hingga terjun ke dunia modeling yang awalnya tidak dijalani terlalu serius karena selalu memprioritaskan pendidikan. Selama menjadi model, ia pernah ditunjuk tampil dalam sederet pekan mode, peragaan busana desainer dan merek internasional, seperti Motel Rocks, Mercedes-Benz dan Carolina Herrera, serta desainer lokal seperti Rinaldy Yunardi, Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, dan tentu saja Ivan Gunawan.

Di waktu luangnya, Sophia biasanya menekuni hobi menyanyi dan bermain gitarnya untuk mengembangkan keterampilan itu juga membantunya menemukan musik baru. Ia menyukai fashion dan kerap merencanakan pemakaian busana hingga mengatur potret untuk Instagram pribadi. Sophia ternyata juga gemar membuat vlog dan mengaku suka menonton vlog di YouTube, terutama dari Zoe Sugg dan Olivia Neill.

"Jadi saya pikir saya bisa melakukannya juga," katanya.

Tujuan Sophia Rogan ke depannya adalah untuk menjalani kehidupan yang penuh kebahagiaan dan cinta mengembangkan karier yang kuat serta sukses. "Dan untuk berlatih keras sehingga saya dapat membawa Mahkota Miss Grand International untuk Indonesia, tetapi yang terpenting adalah meninggalkan jejak positif saya di dunia," tutup Sophia. (Jihan Karina Lasena)

3 dari 4 halaman

Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: