Sukses

Minyak Jintan Hitam Bisa Bikin Kulit Glowing dan Rambut Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang semakin menyadari efek negatif dari produk perawatan kulit dan rambut yang mengandung bahan kimia. Alternatifnya, mereka mencari bahan alami yang telah teruji efektif dan aman untuk aplikasi topikal.

Minyak jintan hitam salah satunya yang telah populer digunakan selama berabad-abad di Asia, Afrika, dan Timur Tengah karena khasiatnya untuk merawat kecantikan secara alami. Minyak yang juga disebut Kalonji ini sarat vitamin, mineral, dan asam lemak.

Maka itu, aplikasinya membantu memberi manfaat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi pada kulit maupun rambut. Beberapa alasan berikut akan memberi gambaran mengapa Anda harus memasukkan minyak jintan hitam ke dalam rutinitas perawatan kecantikan Anda, seperti dilansir Pinkvilla, Sabtu, 22 Mei 2021.

1. Bikin kulit glowing

Minyak jintan hitam diperkaya asam lemak esensial yang mampu meningkatkan hidrasi dan memberi efek glowing pada kulit. Anda dapat menggunakannya sebelum mengaplikasikan foundation untuk menciptakan hasil sempurna, sekaligus menghindari penggumpalan makeup.

2. Mencegah jerawat

Minyak ini mengandung konsentrasi vitamin A yang tinggi, dan itu membantu mempercepat proses penyembuhan kulit, serta mengurangi jerawat. Terlepas dari anggapan bahwa minyak wajah cenderung menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan peradangan, minyak jintan hitam justru bisa mengatur produksi minyak berlebih untuk mencegah pembentukan sebum, serta menjaga kesehatan dermis.

3. Memudarkan pigmentasi

Diperkaya vitamin B3, minyak jintan hitam mampu memperbaiki warna dan tekstur kulit dengan mengisi kembali bioma kulit, sekaligus memperkuat skin barrier. Penggunaannya secara konsisten dapat mengurangi flek hitam dan hiperpigmentasi yang disebabkan penuaan, ketidakseimbangan hormon, atau kerusakan akibat paparan sinar matahari.

 

2 dari 4 halaman

4. Mencegah Penuaan Dini

 

Radikal bebas dapat membuat kulit jadi kusam, dehidrasi, dan mempercepat proses penuaan. Minyak jintan hitam yang notabene memiliki konsentrasi antioksidan tinggi ini sanggup menetralkan radikal bebas dan mengurangi tingkat stres oksidatif.

Penggunaannya secara teratur dapat merangsang produksi kolagen dan elastin yang akhirnya membantu mengurangi kulit kendur, juga mengisi garis-garis halus dan kerutan, sehingga kulit tampak awet muda.

5. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Jika sedang berjuang mengatasi masalah rambut rontok, minyak jintan hitam bisa jadi solusi ideal bagi Anda. Itu merupakan sumber antihistamin alami, yakni nigellone dan thymoquinon, yang dapat membantu mengurangi rambut rontok, bahkan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Memijatkan minyak pada kulit kepala dapat membantu memberi nutrisi penting pada folikel rambut, sehingga membuatnya lebih panjang dan kuat.

6. Mencegah uban

Konsentrasi tinggi asam linoleat dalam minyak jintan hitam membantu mencegah pengurangan melanin atau pigmen dalam sel rambut, dengan demikian mencegah rambut beruban secara dini. Mengaplikasikannya secara rutin ke kulit kepala juga dapat menjaga rambut tetap berkilau untuk waktu yang lama.

7. Melembapkan rambut kering

Pijat rambut Anda dengan minyak jintan hitam untuk mengembalikan kelembapan pada rambut kering dan kusut. Minyak jintan hitam mampu mengatur produksi sebum di kulit kepala dan memberi hidrasi yang cukup pada batang rambut, sehingga menghasilkan rambut yang sehat dan indah. (Jihan Karina Lasena)

3 dari 4 halaman

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: