Sukses

Menata Ulang Posisi Tanaman Hias, Ini 5 Area Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

Ini ada beberapa area dan sudut yang sangat direkomendasikan untuk menaruh tanaman hias kamu

Liputan6.com, Jakarta Dekorasi rumah semakin digemari tatkala banyak orang yang menjalankan aktivitas kerja dari rumah. Mulai dari menata perabotan dan meja kerja, mengecat dinding dan memasang wallpaper baru hingga membeli tanaman hias untuk mempercantik rumah dan ruangan.

Khusus buat kamu yang memiliki banyak tanaman hias dan ingin menata atau mendekorasi ulang namun bingung seperti apa? Jangan khawatir, ini ada beberapa area dan sudut yang sangat direkomendasikan untuk menaruh tanaman hias kamu, seperti dikutip dari Dream.co.id. Efeknya bukan hanya mempercantik ruangan tapi juga memberikan energi positif sehingga mengusir rasa jenuh dan stres.

Area Meja Kerja dan Belajar

Ingin bekerja maupun belajar lebih semangat, tanaman hias dapat menjadi solusi yang tepat untuk memberikan nuansa yang lebih menyegarkan di area meja kerja maupun belajar kamu. Menurut riset yang dilakukan oleh Dr Chris Knight bersama rekan-rekannya dari Exeter University, produktivitas seseorang meningkat 15 persen setelah meja kerjanya dihiasi dengan tanaman.

Pilih saja tanaman hias mini bila meja kerja atau belajar kamu tergolong kecil. Salah satu tanaman yang mudah untuk dirawat adalah jenis tanaman sukulen. Hanya perlu menyemprotkan air seminggu sekali dan meletakkannya di dekat cahaya matahari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanaman Tinggi di Ruang Tamu Minimalis

Tanaman hias adalah pilihan terbaik untuk memberi nuansa sejuk dan asri di ruang tamu. Untuk ruang tamu minimalis, kamu bisa menempatkan tanaman yang tinggi karena dapat mendominasi suatu ruangan dengan mudah. Terlebih bila ditambah pot tanaman berukuran sedang dengan desain penuh gaya.

Bila tidak menginginkan tanaman tinggi, kamu dapat meletakkan tanaman berukuran kecil terutama di stand tanaman atau meja sudut agar terlihat lebih menonjol.

Tanaman Hias Gantung di Sudut Ruang

Untuk membuat suasana sudut-sudut ruangan lebih asri dan menyegarkan, kamu bisa menambah dekorasi tanaman gantung. Penempatan tanaman hias gantung semakin cocok bila di dekat jendela yang menjadi jalan masuknya sinar matahari dan menjaga tanaman tumbuh baik. 

Untuk mempercantik sudut ruangan, kamu bisa memilih tirai dan pot gantung berwarna natural yang dapat melengkapi tanaman hias gantung kesukaan.

3 dari 3 halaman

Ciptakan Kesegaran Alami di Kamar Mandi

Area selanjutnya yang pas untuk meletakkan beberapa tanaman hias adalah kamar mandi. Penempatan tanaman hias di kamar mandi dapat membuat penghuni rumah lebih rileks saat menggunakan kamar mandi.

Selain itu, kondisi kamar mandi yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi justru membuat beberapa tanaman hias dapat hidup dan bertumbuh dengan baik. 

Adapun jenis tanaman hias yang cocok diletakkan di ruangan yang lembap adalah Sanderiana Curly. Jika lebih memilih tanaman berukuran besar, kamu dapat menggunakan pot gerabah berukuran sedang atau besar. Selain tanaman hidup, tanaman hias tiruan juga dapat menjadi pilihan lain untuk membuat atmosfer kamar mandi lebih segar.

Teras Rumah

Tak usah diragukan lagi, kalau teras rumah merupakan tempat yang sempurna untuk meletakkan berbagai jenis tanaman hias. Khususnya jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung. Selain membuat tanaman tumbuh segar, teras yang dipenuhi dengan tanaman akan memberikan nuansa alam yang segar di rumahmu. 

Agar tetap rapi dan terorganisir, kamu dapat memanfaatkan stand tanaman berwarna netral atau pot tanaman dengan material rotan untuk memajang tanaman favoritmu. Kamu juga bisa kombinasikan dengan model tanaman gantung, menempel ke dinding maupun dengan stand pot khusus.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.