Sukses

Restoran Unik di Bandung, Ambil Pesanan Makanan di Dinding

Meski baru dibuka, restoran di Bandung ini sudah cukup dikenal karena proses pemesanan menu serta tata letak makanan yang dibuat tidak biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak restoran maupun tempat makan berkonsep unik dan kreatif di Bandung. Salah satunya adalah Food on Wall atau FOW yang berlokasi di kawasan Dago, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Restoran ini baru dibuka pada Maret 2021. Meski baru dan tempatnya tidak terlalu besar, FOW sudah cukup dikenal dan banyak diminati karena proses pemesanan menu serta tata letak makanan yang dibuat tidak biasa.

Restoran ini berada di dalam butik Brother and Buddy, kalau dilihat dari akun Instagram resminya, tempatnya terlihat nyaman dan didominasi warna putih serta hiasan kincir angina khas Belanda berwarna biru.

"Pemilik restoran ini memang terinspirasi dari tempat makan di Amsterdam, Belanda. Dia sebenarnya fokus utamanya bisnis pakaian, kalau usaha kuliner ini sebagai sampingan saja, tapi ternyata sejauh ini dapat sambutan bagus," terang Mandana, Event Manager FOW saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (11/5/2021). 

"Makanya di sini nuansa Belandanya terasa banget. Kebetulan kita juga punya keju khusus namanya Amsterdam Cheese. Semua menu makanan kita dikasih Amsterdam Cheese. Bahan-bahan makanan di sini ada yang dari luar, tapi sebagian besar tetap bahan lokal dan semuanya halal," lanjutnya.

Yang unik lagi adalah tumpukkan makanan yang ditaruh di dalam kotak-kotak kecil di tembok. Keberadaan tembok tersebut seperti sebuah vending machine transparan, yang jika ingin melakukan pemesanan makanan, bisa mengambil pesanan secara mandiri.

"Jadi setelah pesan, makanan akan tersedia di kotak-kotak kecil itu dan bisa diambil sendiri. Setelah itu tinggal bayar dan makan. Konsepnya kayak vending machine di Belanda tapi kita modifikasi lagi biar lebih beda dan unik," jelas Mandana.

Konsep restoran unik seperti ini baru sepertinya baru pertama kali ada di Bandung, bahkan mungkin di Indonesia. Meski begitu tak harus mengambil makanan dan minuman sendiri, pengunjung juga bisa memesan lebih dulu dan menunggu di meja kalau pengunjung sedang ramai atau memesan dalam jumlah banyak.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Burger dengan Daging Cincang

Meski begitu tak harus mengambil makanan dan minuman sendiri, pengunjung juga bisa memesan lebih dulu dan menunggu di meja kalau situasi sedang ramai atau memesan dalam jumlah banyak.

Walaupun menu di Food on Wall tersimpan di dalam vending machine transparan, tetapi mereka menjamin makanan higienis karena semua dibalut menggunakan pembungkus yang rapih.

Untuk menu makanan, burger jadi sajian utama dan paling diminati. Salah satunya adalah City Burger. Beda dari burger pada umumnya, FOW memakai daging sapi cincang bukan berbentuk bulat.

Menu lainnya ada kentang goreng, risoles, kroket, chicken nugget dan ada nasi putih juga. Harganya pun terjangkau, paling mahal hanya seharga Rp25 ribu.

"Sejak awal buka, sambutannya bagus dan rencananya nanti kita mau buka cabang di tempat lain. Di sini bisa pesan online juga tapi banyak juga yang pilih datang langsung, mungkin karena konsepnya yang unik," tutup Mandana.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.