Sukses

Ikut Miss Universe 2020, Ayu Maulida Ikhlas 3 Kali Lebaran Tanpa Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Puteri Indonesia 2020 Indonesia 2020 Rr Ayu Maulida Putri dipastikan akan tampil di kontes kecantikan internasional Miss Universe 2020 yang akan digelar pada Mei 2021 di Florida, Amerika erikat (AS).

Penyelenggaraan Miss Universe sempat tertunda pada tahun lalu karena pandemi Covid-19, tapi sudah diumumkan dan akan dilaksanakan kembali oleh Miss Universe Organization.

Di tahun ini, Ayu Maulida yang akrab disapa Ayuma, akan bersaing dengan 72 finalis dari negara lainnya di ajang Miss Universe 2020. Seperti biasa, kontes ini akan didahului dengan masa karantina yang kali ini akan berlangsung mulai 6 Mei 2021 sampai pada malam penobatan yang akan digelar pada 16 Mei 2021 waktu AS.

Masa karantina Miss Universe 2020 bersamaan dengan bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitr atau lebaran. Tentu ini bukan hal yang mudah bagi Ayu Maulida.

Wanita yang biasa disapa Ayuma ini harus menjalankan ibadah puasa dan merayakan lebaran di negeri orang tanpa kehadiran keluarganya. Dan ternyata, ini akan menjadi kali ketiga Ayuma merayakan lebaran tanpa kehadiran orangtua dan keluarganya.

"Jadi, dua tahun lalu aku ikut kompetisi untuk Face of Asia mewakili Indonesia di Korea. Itu hampir sama kayak sekarang, di bulan puasa juga. Waktu awal puasa aku masih kumpul sama keluarga, pas tengah bulan aku harus berangkat ke Korea sampai lebaran," ujarnya pada Liputan6,com, saat konferensi pers ‘Puteri Indonesia 2020, Goes To The 69th Miss Universe; di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 22 April 2021.

"Kalau di tahun lalu aku nggak bisa pulang ke Surabaya karena PSBB, jadi nggak bisa merayakan lebaran bersama keluarga besar dan saudara-saudara. Padahal waktu itu aku sudah berenana mau mudik tapi ternyata dilarang. Jadi ya sudah terbiasa, sudah nggak kaget. Tapi jangan panggil saya bu Thoyib ya karena sudah tiga kali lebaran nggak pulang, hahaha," lanjutnya sambil tertawa.

2 dari 4 halaman

Berkah Ramadan dan Lebaran

Ayuma juga mengaku tidak kesulitan dan sudah terbiasa berpuasa di negeri orang dan harus melakukan banyak aktivitas. Ia sudah mempersiapkan diri dengan baik, termasuk menjaga kesehatan dan tubuhnya agar tetap fit.Ayuma melakukan berbagai latihan fisik agar tetap bugar saat menjalani karantina menjelang Miss Universe 2020.

"Karena masih pandemi, aku tetap melakukan nge-gym, baik di luar atau dipantau secara online dengan personal trainner saya. Memang agak susah latihan yang kadang online kadang nggak, tapi aku terus berusaha agar tampil bisa lebih maksimal," jelasnya.

Meski terasa berat, Ayuma mengaku ikhlas dan akan tetap semangat dan antusias berkompetisi di Miss Universe 2020, bahkan berharap bisa mendapat berkah Ramadan dan lebaran.

"Siapa tahu karena pas di bulan puasa, bisa dapat berkah karena membawa nama negara di bulan puasa dan lebaran, Amin. Yang jelas, saya sudah ikhlas dan akan berusaha tetap menjalankan ibadah selama masa karantina nanti. Jadi semuanya tetao imbang, pekerjaan tetap jalan, ibadah juga jalan terus," ujarnya lagi.

Sebelum berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti Miss Universe 2020, Ayu Maulida mengikuti berbagai pelatihan, mulai dari fisik hingga kemampuan berbahasa Inggris, yang hampir semuanya diadakan secara virtual.

3 dari 4 halaman

3 Ketentuan Mudik Lebaran 2021

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: