Sukses

Banjir Kritik, Acara Lelang Hanbok yang Pernah Dipakai Jimin BTS Dibatalkan

Liputan6.com, Jakarta - Hanbok yang pernah dikenakan Jimin BTS di acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, tahun lalu, batal dilelang. Sebelumnya, busana rancangan Kim Rieul itu dikabarkan akan ditawarkan dalam lelang dengan harga mulai lima juta won atau sekitar Rp65 juta.

Dikutip dari AllKpop, Kamis, 22 April 2021, pembatalan tersebut berkaitan dengan kritikan para ARMY yang kesal karena mengetahui hanbok tersebut akan dilelang tanpa dicuci. Rumah lelang My Art Auction sebelumnya menyatakan, "Pakaian itu dibiarkan tidak dicuci setelah pertunjukan dan akan dijual dengan bau badan Jimin utuh."

Pengumuman itu sontak diprotes para fans militan. Kritikan pedas membanjiri timeline di media sosial.

"Kalau mau ditawarkan, tanya dulu sama yang punya keringat, ngasih izin tidak. Selama ini kalau dilelang, pihak BTS pasti akan kasih penjelasan, tapi ini tidak ada," tulis warganet.

"Ini menjijikan dan tidak sopan," tulis warganet lainnya.

"Anda menulis tidak dicuci seolah-olah itu hal yang paling menarik tentang lelang ini. Tapi tidak, sebagai ARMY yang terhormat, tidak mendukung eksploitasi dengan cara apa pun. Perilaku ini sangat tidak pantas dan menyeramkan," cuitan warganet lainnya di Twitter.

 

2 dari 4 halaman

Beban Mental

Jika tidak dibatalkan, pelelangan hanbok Jimin yang dirancang Kim Rieul untuk penampilan Idol BTS di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, tahun lalu, akan berlangsung pada 22--29 April 2021. Acara ini diselenggarakan My Art Auction yang mengkhususkan diri pada seni antik tradisional Korea. 

Perusahaan lelang saat itu mengatakan, "Desainer Kim Rieul memutuskan memberikannya (hanbok) untuk dilelang karena merasa satu visi dengan apa yang dilakukan My Art Auction terkait barang antik tradisional Korea."

Hanbok yang dikenakan Jimin BTS itu memadukan unsur tradisional dan modern dalam busana khas Korea. Sang desainer sudah memproduksi hanbok sejak lima tahun lalu. Ini pertama kalinya dia mencoba menjual karyanya melalui rumah lelang.

"Dia (desainer) merasa terbebani karena dianggap sebagai penampilan komersial. Untuk alasan ini, kami memutuskan untuk membatalkan lelang. Setelah melewati banyak pertimbangan, kami setuju dengan desainer," ujar pihak rumah lelang.

3 dari 4 halaman

Kilas Balik BTS Raih Kesuksesan

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: