Sukses

Mengapa Wisata Menyelam Sangat Dianjurkan Saat Sambangi Bunaken?

Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken mulai Mei hingga Agustus.

Liputan6.com, Jakarta - Berkunjung ke Taman Nasional Bunaken, kurang lengkap jika tak menikmati keindahan bawah lautnya. Banyak orang yang berwisata selam scuba atau scuba diving.

"Yup, menyelam scuba (scuba diving) merupakan salah satu jenis aktivitas menyelam yang paling populer. Scuba berasal dari kata Self-Contained Underwater Breathing Apparatus," tulis akun Instagram @ayoketamannasional_official, Rabu, 7 April 2021.

Menyelam dengan teknik ini menggunakan peralatan berupa tabung oksigen, regulator dan tangki. Dengan begitu, penyelam bisa lebih lama bernapas dalam air.

"Dan hal ini kita bisa kita lakukan di Kawasan Taman Nasional Bunaken loh," sambung akun tersebut.

Keistimewaan Taman Nasional Bunaken @tamannasionalbunaken yang memiliki luas 890,65 kilometer persegi ini terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang laut, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir. Hampir 97 persen merupakan habitat laut yang menghuni di kedalaman 1.566 meter di teluk manado, sedangkan sisanya tiga persen meliputi daratan seluas 75.265 Ha.

"Taman laut ini menjadi salah satu yang terindah di Asia Pasifik," imbuh akun tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mei hingga Agustus

Di antara ekosistem karang, terdapat sekitar 3.000 jenis ikan, seperti ikan ekor kuning, kuda ikan gusumi, dan gorapa. Ada juga spesies langka seperti lumba-lumba, sapi laut, dan dugong. Selain itu, berbagai jenis ikan hias, seperti Emperor angelfish, Almaco jack, Spotted seahorse, Blue strie snaper, Pinkish basslet dan two lined monocle bream, bakal semakin memanjakan mata.

"Terdapat underwater great giant walls yang disebut juga hanging walls atau dinding-dinding raksasa yang berdiri vertical dan melengkung ke atas menyerupai tembok besar air. Ini merupakan fenomena alam yang tidak dijumpai di tempat lain," imbuh akun tersebut.

Bagi mereka yang ingin menikmati keindahan bawah laut, sebaiknya dilakukan pada Mei sampai dengan Agustus. Waktu tersebut adalah waktu terbaik menyelami surga bawah laut Taman Nasional Bunaken.

 

3 dari 3 halaman

Polemik Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.