Sukses

4 Cara untuk Menghentikan Pikiran Negatif, Apa Saja?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menepis pikiran negatif.

Liputan6.com, Jakarta - Sulit dipungkiri, pikiran negatif tak jarang kerap melanda seseorang dalam berbagai kondisi. Pikiran negatif terhadap diri sendiri dapat menggangu aktivitas harian.

Dilansir dari laman Indian Express, Minggu, 4 April 2021, apabila pikiran negatif dibiarkan dalam jangka panjang, dapat merusak hormon dan menjadi stres. Maka dari itu, menghilangkan pikiran negatif sangat penting bagi hidup Anda untuk kedepannya.

Lantas, bagaimana cara untuk menghentikan pikiran negatif? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Mengenali

Saat Anda mengalami pikiran negatif ke dalam diri sendiri, Anda harus belajar mengenali. Dari proses berpikir semacam itu, akan membuat Anda menjadi mekanisme umpan balik, di mana Anda benar-benar mulai mengenali dan mendengar apa yang dikatakan kepada diri sendiri. Dalam langkah ini, Anda harus mengalami kesadaran, bukanlah untuk merasa bersalah atau menyalahkan diri sendiri. 

2. Menerima

Menerima diri sendiri untuk melangkah memang bukan hal mudah. Sebagian orang tidak dapat menerima kesalahan diri sendiri dan menyebabkan kesengsaraan, frustasi dan rasa bersalah.

Pada kenyataanya pikiran-pikiran itu baik dan wajar saja dimiliki setiap orang. Berhentilah menghakimi diri sendiri dan jangan lupa untuk bersyukur terhadap diri sendiri, karena hal itu sangat penting untuk kebahagian hidup Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menyelesaikan

Menyelesaikan pikiran negatif harus membutuhkan tekad dan usaha agar bisa berdamai dengan diri sendiri. Cara ini juga membutuhkan kesabaran untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di hidup.

Tekad yang kuat dapat memberi Anda tujuan, visi, dan kekuatan batin untuk mendukung diri sendiri dalam membawa perubahan pemikiran negatif menjadi positif. Kunci dari langkah ini ialah sabar dan mau berusaha untuk menyelesaikannya.

4. Menindaklanjuti

Cara ini kembali terhadap kepribadian Anda untuk menguasai pikiran secara konsisten. Seringkali, pada saat tahap terakhir usaha untuk aktivitas kedepannya menjad mudah. Begitu Anda mulai bekerja, bermain dan belajar.

Anda akan mengalami pencerahan, perhatian dan kesadaran yang dicapai berubah menjadi lebih baik terutama dalam pola pikiran Anda. Jangan terus berlarut pada pikiran negatif ubahlah menjadi positif agar ke depannya menjadi lebih baik terutama untuk diri sendiri. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.