Sukses

5 Pikiran Negatif Ini Sebenarnya Merusak Kesehatan Mentalmu, Jangan Lakukan Lagi

Bila Anda memelihara pikiran negatif seperti ini, Anda tak bisa maju dari masa lalu

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang tak menyadari bahwa narasi dan pemikiran yang terus diberikan pada pikiran, memainkan peran penting dalam membentuk hidup seseorang. Bila Anda mengatakan pernyataan positif dan realistis, Anda lebih mungkin membangun kekuatan mental untuk maju dalam kehidupan.

Namun jika Anda terus percaya pada kalimat dan kebohongan beracun, mereka pada akhirnya akan menahan Anda dan membahayakan kesehatan mental.

Berikut ini 5 pemikiran negatif yang perlu dihapus dari hidup Anda akan bisa terus maju seperti dilansir dari Times of India.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. "Saya tak akan bisa pulih dari trauma masa lalu."

Jika Anda terus percaya bahwa hal-hal buruk yang pernah Anda geluti di masa lalu akan mencegah Anda terus maju dalam kehidupan, Anda akan selamanya terjebak dengan menjilati luka Anda sendiri. Jika Anda terus memberi makan pikiran Anda narasi bahwa Anda masih rusak, otak Anda akan berperilaku sesuai.

Sebaliknya, raih bekas luka tersebut dan ubah jadi kekuatan. Terimalah kenyataan bahwa Anda pernah berada dalam situasi yang menyedihkan dan kini jauh lebih kuat. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional bila perlu.

 

3 dari 6 halaman

2. "Orang lain lebih baik dari diri saya."

Ini adalah salah satu pernyataan yang paling merusak yang bisa Anda katakan kepada diri sendiri dan mempercayainya. Bila Anda terus menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa orang lain jauh lebih baik dari Anda dan itu membuat mereka berhasil, itu bisa sangat merusak kepercayaan diri Anda.

Kemungkinannya adalah ketika Anda merasa semua orang di sekitar Anda secara alami lebih berbakat, lebih menarik, lebih cerdas dari Anda, Anda bahkan tak akan memberikan kesempatan untuk impian Anda sendiri. Kebenarannya adalah tiap orang memulai dari sesuatu dan berproses.

Tak ada yang sukses dalam semalam. Terkadang mengambil langkah pertama adalah hal yang paling berani untuk dilakukan dan dalam situasi ini, bisa dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda cukup baik.

 

4 dari 6 halaman

3. "Mental illnesses yang saya alami membuat saya lemah dan takut."

Jika Anda menggali sedikit lebih dalam, Anda akan tahu bahwa beberapa orang yang paling berani dan inspiratif di sekitar Anda telah berjuang melawan kondisi kesehatan mental, melawannya, dan bangkit dengan lebih kuat.

Jadi, berhentilah mengatakan pada diri Anda bahwa kondisi kesehatan mental Anda membebani Anda. Sebaliknya, fokuslah pada apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih kuat secara mental dan mengusahakannya setiap hari.

 

5 dari 6 halaman

4. "Saya tak bisa melakukannya, jadi mengapa membuang-buang waktu mencoba?"

Jika Anda percaya pada pernyataan ini, pertempuran sudah berakhir. Ketika Anda berpegang teguh pada keyakinan negatif seperti ini, Anda sebenarnya menghalangi diri Anda mencapai potensi sejati Anda.

Alih-alih meremehkan kemampuan Anda, coba katakan pada diri sendiri bahwa Anda mempelajari keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan shal tersebut. Ketika Anda mulai berusaha, alih-alih berbohong pada diri sendiri bahwa Anda tak cocok untuk pekerjaan itu, itu bisa membuat sedikit perbedaan.

 

6 dari 6 halaman

5. "Saya tak punya cukup motivasi/waktu/uang/hal lainnya untuk melakukannya."

Yang benar adalah tak ada yang tahu semuanya dan kita semua berjuang melawan pikiran negatif kita sendiri. Tapi jika Anda benar-benar ingin menciptakan kehidupan impian Anda, Anda harus berhenti mengatakan pada diri Anda bahwa Anda tak memiliki sarana untuk melakukannya.

Sebaliknya, lakukan selangkah demi selangkah. Mengulangi pernyataan negatif hanya akan menarik Anda makin terpuruk dan menjauhkan dari apa yang benar-benar Anda inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.