Sukses

Gereja Ini Keluarkan Pernyataan Kontroversial terkait Sepatu Setan Rancangan Lil Nas X

Sepatu setan yang dirilis Lil Nas X ini dijual secara terbatas dan sudah ludes dalam waktu kurang dari semenit.

Liputan6.com, Jakarta - Sepatu Setan berisi setetes darah manusia karya Lil Nas X terus memicu reaksi keras dari tokoh-tokoh konservatif dan religius. Sang rapper merilis 666 pasang sepatu untuk merayakan perilisan lagunya, MONTERO (Call Me By Your Name).

Dalam video klip lagu tersebut, Lil Nas X menggambarkan perjalanan 21 tahun ke neraka, di mana ia menari dengan iblis. Sepatu seharga 1.018 dolar Amerika Serikat (AS) (Rp14,8 juta) ini terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit pada hari peluncurannya, Senin, 29 Maret 2021.

Dilansir dari Independent, Selasa, 30 Maret 2021, sejak perilisan, sepatu ini dikecam berbagai pihak, mulai dari Gubernur South Dakota, Kristi Noem, hingga Nike yang telah mengajukan gugatan terhadap perusahaan MSCHF, kolektif seni yang berbasis di New York.

Namun, Gereja Setan telah secara terbuka memberi dukungan pada sepatu setan edisi terbatas tersebut. Organisasi ini lebih percaya pada nilai-nilai humanis dan penerimaan sifat sejati manusia dibanding agama atau spiritualitas.

"Sepatu itu mendapat banyak cinta dari gereja (setan) karena merangkul esensi Satanisme," kata David Harris, seorang magister dari Gereja Setan. Menurut Harris, pihaknya juga menghargai cara Lil Nas X "menentang agama" untuk memasarkan sepatu.

Ia menyarankan pada rapper tersebut agar dengan jelas mengulurkan jari tengah pada orang-orang yang mengatakan bahwa ia akan terbakar di neraka. Pihaknya juga memuji musisi itu karena hidup dengan caranya sendiri dan jadi dirinya yang jujur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terima Kecaman

Terlepas dari namanya, Gereja Setan tidak menyembah setan, serta tidak memercayai keberadaan setan. Pemuja setan pada hakikatnya memahami bahwa semua Dewa adalah fiksi. Alih-alih bertekuk lutut dalam menyembah atau mencari persahabatan, mereka justru menempatkan diri sendiri sebagai nilai tertinggi.

Sementara Gereja Setan memuji Lil Nas X, Pendeta Mark Burns yang muncul sebagai komentator di Fox News dan CNN menggambarkan sepatu itu sebagai "suatu hal yang jahat."

"#SatanShoes by #Nike & #LilNasX dengan 666 (pasang) dan setetes darah manusia di bagian sol adalah alasan kita umat Kristiani harus berdoa untuk siap berperang dalam roh dengan Suara Roh Kudus. Ini adalah kejahatan dan bidah, dan saya berdoa agar orang Kristen bangkit melawan ini," tulis Pastor Burns dalam akun Twitter-nya. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.