Sukses

Nike Gugat Produsen 'Sepatu Setan' Rancangan Rapper Lil Nas X

Liputan6.com, Jakarta - Nike mengajukan gugatan pelanggaran merek dagang federal pada Senin, 29 Maret 2021, terhadap perusahaan yang merilis sepatu kontroversional hasil kolaborasinya dengan rapper Lil Nas X. Dilansir dari NBC News, Selasa (30/3/2021), pelantun Old Town Road itu bekerja sama dengan MSCHF untuk merilis "Satan Shoes" alias 'Sepatu Setan', kemarin.

Sepatu tersebut memodifikasi Nike Air Max 97s. Inspirasi desain sepatu ini mengacu pada ayat Alkitab Lukas 10:18 yang berisi "Lalu kata Yesus kepada mereka: 'Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit'."

Peluncuran Sepatu Setan bertepatan dengan single terbaru Lil Nas X yang berjudul Montero (Call Me By Your Name). Pada video tersebut, Lil Nas X dibujuk keluar dari sebuah tempat yang tampak seperti Taman Firdaus, lalu jatuh ke dalam neraka dan membuat iblis menari lap.

MSCHF, sebuah perusahaan yang dikenal karena menciptakan produk yang kontroversial dan viral, mengonfirmasi pada Minggu, 28 Maret 2021 bahwa sepatu tersebut mengandung setetes darah manusia di dalam solnya, yang diambil dari anggota tim MSCHF. Terdapat pula liontin pentagram, simbol yang berkaitan dengan Lucifer.

Sebanyak 666 pasang sepatu Nike yang telah dimodifikasi dijual dengan harga 1.018 dolar AS atau sekitar Rp14,7 juta. Semuanya terjual habis dalam hari perilisan.

Tetapi, tidak semua pihak senang dengan kabar tersebut. Berita tentang sepatu setan itu mengundang kemarahan dari sejumlah kritikus. Mereka mengecam Lil Nas X dan Nike.

Tapi, Nike menegaskan bahwa mereka tidak terlibat dalam produksi sepatu tersebut. "Kami tidak memiliki hubungan dengan Little Nas X atau MSCHF. Nike tidak merancang atau merilis sepatu ini dan kami tidak mendukungnya," kata Nike.

 

 

2 dari 4 halaman

Tanggapan Si Rapper

Untuk mendukung pernyataan bahwa mereka tidak terlibat, Nike akhirnya mengajukan gugatan ke Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur New York. Mereka menyatakan tidak menyetujui atau mengesahkan Sepatu Setan tersebut. Gugatan tersebut menyatakan bahwa Nike harus mempertahankan kendali atas mereknya.

Menanggapi masalah yang membawa nama dirinya, Rapper yang bernama asli Montero Lamar Hill, merilis video YouTube pendek pada Minggu, 28 Maret 2021. Video tersebut berjudul “Lil Nas X Minta Maaf untuk Sepatu Setan."

Sambil memegang sepatu, Lil Nas X mulai berbicara. Namun belum sampai pada pemintaan maaf yang dimaksudkan, video tersebut dilanjutkan dengan potongan video klip pada lagu terbarunya "Montero" yang menujukan dirinya melakukan tarian lap pada seorang iblis.(Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 4 halaman

Eksistensi Sepatu Lokal

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: