Sukses

5 Cara untuk Tetap Bisa Khatam Alquran di Tengah Kesibukan

Membaca Alquran pada dasarnya merupakan amalan baik yang memberi kelapangan hidup bagi umat Muslim.

Liputan6.com, Jakarta - Mengalokasikan waktu untuk khatam Alquran di tengah kesibukan memang susah-susah-gampang. Padahal, membaca Alquran merupakan amalan baik yang memberi kelapangan hidup bagi umat Muslim. Di samping, merupakan salah satu sunah Rasul untuk mendapat limpahan pahala.

Membaca Alquran juga tak jarang memberi ketenangan hati dan pikiran. “Memahami keutamaan membaca Alquran, seperti mendapat kebaikan di kehidupan, merupakan pemberi semangat untuk membaca Alquran,” kata ustazah Suprihati Wahyuningsih pada Liputan6.com, Senin, 29 Maret 2021.

Mengingat keunggulan-keunggulan tersebut, kesibukan tak semestinya jadi dalih untuk tidak mengkhatamkan Alquran. Berikut sederet tips untuk mewujudkan gol mengkhatamkan Alquran di tengah berbagai aktivitas.

1. Punya target waktu

Buat target waktu yang realistis dan tulis di buku catatan untuk secara konsisten mengingatkan diri mencapai target tersebut. Disiplin dan konsistensi tentu berperan sangat penting di sini.

2. Tiada hari tanpa membaca Alquran

Luangkan waktu setengah jam atau satu jam untuk membaca Alquran setiap hari. Tapi, bila sedang benar-benar sibuk, usahakan luangkan waktu minimal 10 menit untuk membaca Alquran. Menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas pun berperan penting.

3. Punya Alquran mudah dibawa

Usahakan untuk punya Alquran berukuran sedang yang pas di tangan. Atau, Anda bisa mengunduh aplikasi yang memuat surat-surat dalam Alquran. Dengan begitu, Anda bisa meluangkan waktu membaca Alquran secara lebih fleksibel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Atur Strategi

Seperti diketahui, Alquran memiliki 30 juz. Apabila menyelesaikan satu juz dalam satu hari, Anda bisa mengkhatamkan Alquran selama satu bulan. Selain itu, Anda bisa juga membaca Alquran setiap selesai salat wajib, yakni sebanyak empat halaman. Jadi, dalam lima kali salat, Anda bisa membaca 20 halaman setiap hari.

5. Memperkuat niat

Membangun niat merupakan cara efektif untuk memacu Anda membaca Alquran dan menyelesaikannya tepat waktu. Niatkan khatam Alquran hanya untuk mencapai rida Allah semata. Pastikan juga untuk selalu memperbarui niat. Sebab, niat bisa saja pudar, bahkan hilang sehingga Anda malas memulainya lagi. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.