Sukses

Alasan 2 Anjing Peliharaan Joe Biden Dikeluarkan dari Gedung Putih

Dua anjing peliharaan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ini padahal hewan adopsi pertama yang tinggal di Gedung Putih.

Liputan6.com, Jakarta - Dua anjing adopsi perliharaan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan ibu negara Jill Biden dikeluarkan dari Gedung Putih. Champ dan Major dipulangkan ke rumah keluarga Biden di negara bagian Delaware.

Major, yang diadopsi Biden pada November 2018 dari penampungan hewan Delaware, dilaporkan terlibat "insiden menggigit" anggota keamanan Gedung Putih. Kondisi tersebut cukup serius sehingga dua anjing tersebut kemudian dipindahkan ke Wilmington, Delaware, tempat mereka tinggal, melansir dari laman CNN, Kamis (11/3/2021).

Sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki, mengonfirmasi bahwa Major mencederai seseorang yang tidak disebutkan namanya, Selasa, 9 Maret 2021. Kata Psaki, Champ dan Major masih membiasakan diri dengan lingkungan dan orang-orang baru.

Pada Senin, 8 Maret 2021, Major dikejutkan orang tidak dikenal dan bereaksi dengan cara yang mengakibatkan cedera ringan pada individu tersebut. Orang yang digigit Major adalah agen dinas rahasia Amerika Serikat.

Major, yang berusia tiga tahun, adalah anjing peliharaan termuda Biden, dan telah dikenal sering menunjukkan perilaku gelisah, termasuk melompat, menggonggong, dan "menyerang" staf di Gedung Putih.

Anjing Biden yang lebih tua adalah Champ, berusia 13 tahun, telah lenih lambat secara fisik karena usia. Kedua anjing itu memang tinggal bersama Biden. Presiden AS itu mengatakan, ia mengadopsi Major sebagai pendamping Champ.

"Kami menemukan Major, dan ia adalah anjing penyelamat. Kami bertanya pada dokter hewan, 'Apa yang bisa kami lakukan agar Champ terus sehat?' dan ia berkata, 'Beri (pendamping) anjing muda.' Mereka adalah teman," kata Joe Biden.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pindah ke Gedung Putih

Champ dan Major pindah ke Gedung Putih pada Januari 2021, kurang dari seminggu setelah pelantikan Biden. Biden pun memperlihatkan semangat mengurus dua anjingnya, sekaligus duduk di jabatan barunya.

"Mereka harus naik lift, mereka tidak terbiasa dengan itu, dan mereka harus pergi ke South Lawn dengan banyak orang mengawasi mereka. Jadi itulah yang jadi obsesi saya, membuat semua orang tenang dan tenang," tuturnya.

Biden juga mengatakan, satu-satunya tempat anjing tidak diizinkan adalah berada di dekat furnitur, meski ia mengaku menangkap Major di sofa. "Mereka berlarian ke mana-mana," kata Biden.

Psaki dalam jumpa pers mengatakan, pengiriman anjing ke Delaware sudah direncanakan sebelumnya. Mereka akan dirawat di sana. Psaki tidak mengatakan kapan tepatnya anjing-anjing itu akan kembali lagi ke Gedung Putih.

3 dari 3 halaman

Pelantikan Presiden AS Joe Biden & Wapres Kamala Harris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.