Sukses

6 Cara Menata Ruangan Sempit agar Terlihat Lapang

Liputan6.com, Jakarta - Makin banyak orang yang tinggal di rumah dengan ruangan sempit. Namun, suasana nyaman sekaligus lega bisa tetap dinikmati asal mengetahui triknya.

Menata ruangan agar terlihat lebih lapang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dengan penataan yang rapi dan teratur tentu akan menjadikan ruangan semakin nyaman ditempati.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk menata ruangan rumah yang sempit agar terlihat lapang? Simak rangkumannya seperti dilansir dari laman Estilo Living, Jumat, 5 Maret 2021, berikut ini.

 

1. Bijak Memilih Warna Ruangan

Langkah pertama untuk menata ruangan sempit agar terlihat luas yakni pemilihan warna dinding secara bijak. Pemilihan warna yang tepat akan memberi kesan tersendiri, ruangan dengan ukuran kecil sebaiknya diwarnai dengan pilihan yang netral, seperti beige atau putih.

Strategi lain yang digunakan para ahli untuk menciptakan ruangan yang lebih luas yakni dengan menggunakan warna-warna yang lebih gelap dan memadukannya dengan furnitur berwarna lebih terang. Hal ini akan menambahkan kontras yang mencolok dan menyesuaikan antara keduanya.

2. Menggunakan Wallpaper atau Stiker Pola

Cara menata ruangan sempit agar terlihat luas berikutnya adalah menggunakan pelapis dinding atau stiker pola yang tepat. Pilih motif yang sederhana agar kesannya tidak sumpek. Penggunaan stiker atau wallpaper juga bisa menghemat bujet dalam mendekorasi ruangan.

3. Menempatkan Cermin

Trik berikutnya untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih luas adalah dengan menempatkan cermin. Hal ini menjadi cara paling efektif untuk membuat ruangan terasa lebih besar secara instan.

Agar tidak hanya menambah kesan luas, pilihlah bentuk cermin yang unik dan apik. Cara itu akan menambah kesan artistik pada ruangan sekaligus.

 

 

 

2 dari 4 halaman

4. Gunakan Lampu Gantung

Penggunaan lampu gantung atau lampung di dinding pada langit-langit rumah patut menjadi perhatian penting. Pasalnya, bentuk lampu yang salah bisa membuat rumah terkesan penuh.

Ini juga menjadi solusi yang tidak hanya fungsional, tetapi juga terlihat bergaya pada ruangan. Lampu gantung maupun dinding ini bisa digunakan pada beberapa area rumah atau bahkan di atas furnitur yang Anda gunakan.

5. Gunakan Furnitur yang Dapat Diminimalkan

Furnitur yang dapat diminimalkan adalah furnitur yang memiliki kemampuan untuk memperkecil ukuran normalnya saat tidak digunakan, dan kemudian dengan mudah dipanjangkan dalam waktu singkat, seperti meja lipat, kursi lipat, kasur lipat, dan rak lipat. Pilihan ini akan membutuhkan sedikit pekerjaan ekstra untuk dipasang, tetapi rumah akan terasa lebih lega dan lapang.

6. Gunakan Sekat daripada Pintu

Langkah selanjutnya adalah membatasi ruangan tanpa menggunakan pintu. Pilih partisi yang fungsional, misalnya, rak buku atau kabinet yang juga bisa menjadi tempat penyimpanan. 

Selain memberi kesan yang lebih luas, penggunaan sekat seperti ini juga dapat membuat ruangan lebih leluasa untuk menata barang. Anda juga bisa menggunakan batas ruang lewat penggunaan sofa atau karpet yang berbeda. (Melia Setiawati)

3 dari 4 halaman

Bantuan DP Rumah untuk Pekerja Informal

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: