Sukses

Cegah Covid-19, Taman Nasional Kelimutu Datangkan Alat Pengukur Suhu Tubuh Terbaru

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik datang dari Taman Nasional Kelimutu di Nusa Tenggara Timur. Objek wisata yang terkenal dengan danau tiga warnanya itu kini dilengkapi dengan alat untuk mendeteksi suhu tubuh untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Sobat Kelimutu, Mimin punya informasi terbaru loh yakni kini TN Kelimutu telah mendatangkan alat baru untk mendeteksi suhu tubuh berupa Thermometer w/ Infrared dinding," seperti tertulis dalam akun Instagram resmi taman nasional tersebut, Senin (1/3/2021).

Alat baru tersebut didatangkan sebagai upaya pelaksanaan penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability). Kehadiran alat itu interaksi pengunjung dan petugas lebih minim, karena pengunjung lebih tertib antre.

"Alat ini mengukur suhu tubuh seseorang dengan metode non kontak. Artinya, pengukuran suhu dilakukan tanpa menyentuh objek yang diukur," tulis akun tersebut.

Seperti Faceprint, alat ini mampu mendeteksi suhu tubuh dari jarak lima sampai 15 sentimeter (cm). Selain itu, hasil temperatur akan diberi dalam waktu 0,5 detik. 

"Alat akan memberitahu jika suhu badan panas dengan suara alarm di atas jika suhu tubuh di atas 37,2 derajat," imbuh akun Taman Nasional Kelimutu.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Pemesanan Online

Dengan alat tersebut, petugas Taman Nasional Kelimutu tak perlu lagi berinteraksi dengan pengunjung. Pengunjung secara mandiri dapat mengukur suhu tubuhnya sendiri dengan berdiri sekitar 5-10 cm sambil mendekati alat ini.

Setelah itu, suhu pengunjung TN Kelimutu pun terdeteks. "Alat ini sudah dipasangkan di Seksi 1, terkhusus di areal loket pembayaran tiket masuk. Tetapi, thermometer gun juga masih digunakan secara standby," tulis akun tersebut.

Kehadiran pengukur suhu tubuh terbaru ini diharapkan dapat menambah jaminan kesehatan dan keamanan pengunjung dan petugas. Selain itu, untuk meningkatkan pencegahan penyebaran virus Corona.

Mereka yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Kelimutu harus memesan secara online lebih dulu. Bagi pengunjung yang tidak melakukan booking online, mereka tidak akan dilayani dan tidak diizinkan untuk masuk ke areal wisata Danau Kelimutu oleh petugas loket TN Kelimutu.

3 dari 4 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: