Sukses

8 Cara Mudah Bermeditasi bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta - Meditasi adalah usaha seseorang untuk melatih fokus pikiran sehingga memiliki pandangan yang jernih akan kondisi saat ini dan tetap merasa tenang. Praktik meditasi ini bisa membuat kita mencapai keadaan mental yang jernih dan tenang secara emosional.

Meditasi dengan menenangkan pikiran ini punya banyak manfaat, seperti mengurangi stres, mengelola kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, membantu mengontrol rasa sakit, dan membantu mengurangi kehilangan memori terkait usia. Perasaan rileks ketika bermeditasi membantu meningkatkan metabolisme, meningkatkan detak jatung dan menurunkan tekanan darah.

Bagi pemula jangan khawatir, ada tips mudah untuk Anda yang baru melakoninya. Berikut delapan cara agar meditasi lebih mudah bagi pemula, seperti dilansir dari laman BoldSky, Kamis, 25 Februari 2021.

1. Bersikap Tenang

Pertama, Anda harus menenangkan pikiran terlebih dahulu untuk melakukan meditasi. Anda harus kosongkan semua pikiran saat duduk untuk bermeditasi. Penting untuk menenangkan diri dan pikiran agar merasa tenang.

2. Merasa Nyaman

Pilih duduk dalam posisi yang membuat Anda nyaman. Duduk dengan kaki di lantai dan bersila santai, atau posisi apa pun yang terasa nyaman bagi Anda, tak jadi persoalan. Setelah duduk beberapa menit, Anda bisa bermeditasi dengan nyaman. 

3. Fokus pada Napas

Bagian meditasi yang sederhana namun penting ialah fokus pada pernapasan. Fokus pada bagian yang paling Anda rasakan saat bernapas. Ada beberapa teknik pernapasan yang mungkin bisa Anda coba seperti melalui mulut, perut atau hidung. 

Tarik napas dalam-dalam sampai perut mengembang kemudian embuskan secara perlahan. Lakukan teknik ini berulang-ulang selama dua menit untuk memperoleh ketenangan pikiran dan tubuh.

4. Tetapkan Batas Waktu

Bagi pemula, pilih batas waktu yang singkat dalam melakukan meditasi, yang paling ideal adalah sekitar 5 sampai 10 menit. Saat Anda sudah banyak berlatih, Anda dapat meningkatkan batas waktu secara bertahap.

2 dari 4 halaman

5. Jaga Pikiran tetap Fokus

Saat bermeditasi, tidak dapat dihindari pikiran terus berjalan dari satu hal ke hal lainnya. Biarkan pikiran tersebut mengembara selama beberapa detik, satu menit, atau lima menit. Kemudian kembalikan perhatikan dan fokus pada napas yang masuk dan keluar dari tubuh.

6. Mengandalkan Panca Indra

Meditasi mengandalkan kekuatan pikiran, indra, dan tubuh untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Untuk itu, fokus fisik harus selaras dengan pikiran, yakni dengan mengandalkan panca indra. Dalam bermeditasi, indra turut bekerja untuk merasakan sensasi baik pada tubuh atau lingkungan sekitar. Panca indra yang diilustrasikan bisa mengendalikan seluruh tubuh dalam bermeditasi.

7. Gunakan suara Anda

Lantunan suara Anda bernyanyi atau mengucapkan sesuatu selama meditasi bisa membantu Anda menjadi lebih baik. Suara yang paling umum dalam bermeditasi adalah "omm" atau "aum". Nyanyian juga membantu napas dan getaran tubuh Anda menjadi lebih rileks.

8. Akhiri dengan Perlahan

Setelah selesai bermeditasi dengan durasi yang ditentukan, buka mata perlahan, jika sebelumnya Anda menutup mata. Luangkan waktu sejenak dan perhatikan suara apa pun di lingkungan sekitar. Perhatikan bagaimana perasaan tubuh Anda saat ini. Perhatikan juga pikiran dan emosi Anda.  (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: