Sukses

3 Cara Mencuci Reusable Masker yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, masker menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki di masa pandemi. Yup, masker menjadi 'senjata' yang harus dimiliki untuk mempersempit ruang penyebaran virus Covid-19. 

Oleh karena itu para pakar kesehatan di dunia pun menyarankan orang-orang untuk memakai masker setiap keluar rumah. Meski dapat membantu memperlambat penyebaran virus Covid-19, tentunya kita harus menjaga kebersihan masker yang digunakan. 

Selain masker yang umum digunakan, sekarang banyak banget yang memilih reusable mask alias masker yang dipakai lagi. Nah buat masker yang dipakai lebih dari satu kali ini, ada baiknya mulai memahami dengan baik cara membersihkannya. 

Dikutip laman Popular Science, ada tiga cara yang dapat dijadikan panduan untuk membersihkan reusable mask, yaitu: 

2 dari 4 halaman

Dengan Cara Direbus

Sesederhana ini. Kamu dapat membersihkan masker dengan membiarkannya direbus di dalam air mendidih selama menit. 

Rachel Noble, seorang ahli mikrobiologi dan profesor di Universitas Carolina Utara di Chapel Hill menjelaskan, memang ada kekurangannya ketika merebus masker. Adalah kain yang cepat rusak, setelah beberapa kali digunakan. 

Oleh karena itu, untuk memastikan ketebalan serat masker, Noble menyarankan untuk mengarahkan masker kain ke cahaya dan periksa, apakah ada lubang kecil yang muncul karena kain mengalami penipisan serat. 

Maka dari itu, lanjut Noble, jika menggunakan cara ini, dia merekomendasikan hanya mencuci masker kain ini nggak lebih dari 10 kali.  

 

3 dari 4 halaman

Bersihkan di Mesin Cuci

Mencuci masker yang digabungkan dengan pakaian lain dan dimasukkan ke dalam mesin cuci sebenarnya nggak masalah. Justru mencuci masker menggunakan deterjen, bukan sekadar menghilangkan noda tapi juga kuman dan bakteri yang menempel. 

Namun saat mencuci menggunakan mesin cuci, Noble menyarankan agar masker diberi lapisan tambahan, seperti kantong pelindung pakaian. Lalu saat proses pengeringan, biasanya suhu yang antara 48-60 derajat celcius. 

Namun World Health Organization dan UK National Health Service merekomendasikan suhu pengeringan di mesin cuci adalah 60 derajat celcius karena terbukti efektif mengurangi virus yang menempel di maskermu. Lakukan selama 5-10 menit. 

 

4 dari 4 halaman

Bersihkan Manual

Jika tidak ada mesin cuci atau tidak ingin merebus maskermu, kamu bisa mencuci secara manual kok. Noble menyarankan untuk merendam masker selama lima menit dalam larutan satu sendok teh pemutih untuk setiap satu liter air panas. 

Pemutih ini bekerja sebagai sanitasi. Namun yang harus diingat, pemutih biasanya meninggalkan konsentrasi tinggi dan bahan kimia pada kain. Nah untuk menghilangkan sisa pemutih, bilas masker dengan air bersih selama 10-15 detik. Rendam selama lima menit, dan jemur maskermu. 

Nah untuk hasil maksimal, kamu bisa menggunakan pemutih yang mengandung bahan hypochlorite 10% untuk membasmi kuman dan bakteri. Dengan cairan penghilang noda berteknologi White Crystal, serat pakaianmu dijamin akan selalu terjaga dan selalu kuat dan tahan lama.

 

(*)