Sukses

Koleksi Pakaian Pria Tampil Menonjol di Paris Fashion Week 2021

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu event fesyen dunia yang banyak dinantikan para pecinta mode dunia adalah Paris Fashion Week. Setelah hampir setahun pandemi corona Covid-19 melanda, rumah mode menjadi terbiasa menampilkan desain terbaru secara digital. Begitu juga dengan Paris Fashion Week yang di tahun ini diadakan dua kali dalam setahun, yaitu pada Januari dan Juni.

Rumah mode brand ternama seperti Chanel, Christian Dior, dan Givenchy juga turut meramaikan pekan mode yang digelar pada 25 sampai 29 Januari 2021 ini. Paris Fashion Week 2021 terbagi dalam tiga kategori, salah satunya Men's Fashion yang tentunya memamerkan koleksi busana untuk pria.

Dilansir dari CNN, Minggu (31/1/2021), para desainer membuktikan bahwa mereka lebih dari sekadar siap menghadapi tantangan. Ada sejumlah desainer yang koleksinya cukup menonjol dan mendapat banyak perhatian. Salah satunya adalah Virgil Abloh dari rumah mode Louis Vuitton. Desainer sekaligus seniman asal Amerika Serikat ini menampilkan presentasi yang unik dengan memutar sebuah video.

Ia menampilkan koleksi musim gugur 2021 untuk pria dengan sebuah film bertajuk Peculiar Contrast, yang menciptakan latar yang menggambarkan dualisme.

Beberapa ruangan terlihat layaknya tengah kota Paris dan sebuah desa di pegunungan Swiss, yang terinspirasi dari esai karya James Baldwin, Stranger in the Village dari tahun 1953, lengkap dengan serangkaian pertunjukan yang diekspresikan dalam tarian, puisi, ice skating, dan skenografi.Kandis Williams, Tosh Basco, Saul Williams, Yasiin Bey, Black Cracker dan Steven Sowah adalah sederet seniman yang ikut dalam penampilan ini.

Di sini, Virgil Abloh merefleksikan posisi dirinya sebagai bagian dari street kid Amerika yang sekaligus menjadi direktur kreatif rumah mode mewah terbesar di dunia. Selanjutnya ada Kim Jones. Sejak mengambil alih peran Karl Lagerfeld di rumah mode legendaris Fendi pada Desember tahun lalu, banyak yang tak sabar menanti karyanya.

Kim Jones dikenal punya segudang talenta yang diekspresikan di deretan koleksi pria. Dia pernah mengepalai Louis Vuitton Men dan kini di Dior Homme. Di hari ketiga Paris Fashion Week ia untuk pertama kalinya meluncurkan karyanya untuk lini couture.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan Fotografer

Berangkat dari sensibilitas Inggris Raya dan keagungan sejarah rumah mode asal Roma itu, Kim Jones menerjemahkan karya Virginia Woolf yang termasyhur, Orlando. Namun, yang menarik adalah bagaimana ia mengupas sebuah karya sastra menjadi sebuah karya tiga dimensi, dengan keahlian para seamstresses dan perajin yang dimiliki oleh Fendi.

Selain itu ada Jonathan Anderson, direktur kreatif dan pendiri JW Anderson, dan direktur kreatif di Loewe. Untuk koleksi pria musim gugur-musim dingin 2021 dan pra-koleksi wanita, ia berkolaborasi dengan fotografer Juergen Teller. Sophie Okonedo sebagai mode melakukan pose konyol, menggenggam buah, sayuran, dan tanaman hias.

Dalam rekaman video yang menjelaskan tentang koleksi tersebut, Anderson mengatakan estetika kolase artis menginspirasi koleksi musim ini, dan beberapa karya grafis dan fitur motif Brainard pada pakaian dan aksesori musim ini.

Andreson juga membuat sebuah buku tentang koleksinya yang akan mulai dijual, dan hasilnya nanti akan disumbangkan ke badan amal visual AIDS.Beberapa koleksi lainnya dari Wales Bonner dan Thom Browne juga termasuk yang cukup menonjol di Paris Fashion Week 2021.  (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: