Sukses

Cara Garuda Indonesia Rayakan HUT ke-72, Direksi Jadi Petugas Darat hingga Sajian Spesial di Dalam Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia tepat berusia ke-72 tahun pada Selasa, 26 Januari 2021. Sejumlah kejutan disiapkan bagi para penumpang pesawat yang terbang tepat pada momen pertambahan umur itu.

Kejutan pertama adalah menjadikan sederet jajaran direksi Garuda Indonesia sebagai petugas darat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Mulai dari Wakil Direktur Utama Donny Oskaria hingga Direktur Operasi Tumpal Manumpak Hutapea yang berseragam pilot, berbagi tugas melayani calon penumpang, seperti membagikan goodie bag hingga menunggui bagasi penumpang.

Para penumpang maskapai pelat merah itu juga berkesempatan untuk berfoto bersama dengan para awak kabin berseragam khusus. Hasil foto polaroid bisa langsung diterima mereka.

Seragam tersebut dirancang khusus oleh desainer Didiet Maulana pada 2019 lalu. Seragam yang memadukan unsur tenun endek dan lurik Klaten itu biasanya dikenakan dalam momen tertentu saja.

Belum selesai, kejutan lain juga disiapkan untuk penumpang yang terbang pada hari itu. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra sempat ikut masuk ke pesawat untuk mengabari bahwa ada amplop berisi voucher tiket yang bisa didapat salah satu penumpang. Dalam Instagram Stories maskapai nasional diperlihatkan salah satu penumpang yang tak sengaja memperoleh amplop berhadiah itu.

"Surprise gift ini juga terdapat pada 7 penerbangan domestik dan 2 penerbangan internasional lain di hari ini, lho!" mengutip keterangan pada Instagram Stories tersebut.

Terakhir, kejutan lain bagi penumpang berupa sajian di dalam penerbangan. Ini terbilang momen langka karena sejak pandemi, ada aturan berbeda yang diterapkan terkait penyajian makanan di dalam penerbangan, yakni penerbangan berdurasi kurang dua jam tidak akan mendapat makanan. 

Tersedia dua paket menu berbeda untuk penumpang kelas bisnis dan ekonomi. Penumpang kelas bisnis mendapat menu nasi kuning nusantara dan kue opera, sedangkan penumpang kelas ekonomi mendapat menu nasi uduk semur daging dan kue brownies. Seluruh menu disajikan dalam kondisi terbungkus plastik untuk mencegah kontaminasi.

2 dari 4 halaman

Ucapan Selamat dari Berbagai Pihak

Ucapan selamat ulang tahun pun mengalir bagi Garuda Indonesia. Salah satunya datang dari Surya Sahetapy, influencer dan aktivis kaum tuli.

"Selamat ulang tahun Garuda!" tulisnya di kolom komentar.

Sementara, Didiet Maulana membuat unggahan khusus yang menceritakan kembali tentang seragam awak kabin Garuda Indonesia yang dirancangnya. Ia dan tim mengaku sangat terhormat digandeng untuk mendesain seragam spesial berjudul Puspa Nusantara itu. Desain tersebut terlihat anggun saat dikenakan pramugari, dan gagah saat dipakai pramugara.

"Semoga terus berkumandang negeriku dengan kepak sayap Garuda Indonesia," tulis Didiet.

3 dari 4 halaman

Saat Garuda Indonesia Jadi World Best Cabin Crew

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: