Sukses

Ketahui Alur Keberangkatan Penumpang Domestik di Masa Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai kebijakan diterapkan dalam industri perjalanan selama masa pandemi termasuk untuk keberangkatan penumpang domestik. Hal tersebut dilaksanakan guna menekan transmisi Covid-19.

Sebelum bepergian, para calon penumpang wajib mengetahui alur keberangkatan di masa adaptasi kebiasaan baru. Adapun alur ini dibagikan melalui unggahan di akun Instagram resmi Angkasa Pura Airports.

Alur keberangkatan dimulai dengan langkah pertama, penumpang tiba di area drop zone bandara. Kedua, pengecekan suhu tubuh penumpang melalui thermal scanner.

Ketiga, pengecekan dan validasi dokumen persyaratan penerbangan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan. Dokumen persyaratan penerbangan meliputi Kartu Kewaspadaan Kesehatan atau eHAC dan surat keterangan bebas Covid-19.

Keempat, pengecekaan pertama oleh Aviation Security. Tahap ini termasuk pengecekan tiket, surat keterangan bebas Covid-19 yang telah tervalidasi, serta barang bawaan penumpang.

Kelima, adanya pengecekan oleh maskapai di konten check-in. Seperti alur keempat, pengecekan juga pada tiket, surat keterangan bebas Covid-19 yang telah tervalidasi, serta barang bawaan.

Keenam, adanya pengecekan kedua oleh Aviation Security. Pada tahap ini, petugas akan memeriksa identitas diri dan boarding pass penumpang. Terakhir, yang ketujuh, pengecekan oleh maskapai, baik identitas diri dan juga boarding pass.

2 dari 4 halaman

Tips Kerja Nyaman Saat Transit

PT. Angkasa Pura II (Persero) melalui akun Instagram pribadi kerap membagikan beragam informasi sekaligus tips. Begitu pula tips kerja nyaman bagi Anda yang tengah transit.

Pertama, Anda dapat memanfaatkan fasilitas internet yang ada. Kedua, And dapat menggunakan kursi yang nyaman yang tersedia di bandara.

Ketiga, demi kenyamanan saat bekerja disarankan pula untuk memilih tempat kerja yang tenang. Keempat, untuk jangan lupa istirahat. Para penumpang juga diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: