Sukses

Parade Busana Wanita di Pelantikan Presiden AS, dari Jill Biden sampai Michelle Obama

Liputan6.com, Jakarta - Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) pada Selasa siang, 20 Januari 2021. Biden menjadi presiden AS ke-46 dan yang tertua dalam sejarah AS. Ia disumpah oleh Hakim Mahkamah Agung John Roberts di Gedung Capitol, Washington DC, AS, Rabu, 20 Januari 2021 waktu setempat.

Selain acara pelantikan, ada hal lain yang tak pernah luput dari perhatian publik. Dari masa ke masa, penampilan ibu negara hingga para artis yang turut ikut dalam acara pelantikan Presiden AS selalu berhasil menjadi sorotan tersendiri.

Berikut penampilan busana mulai dari ibu negara hingga para tamu yang ikut hadir dalam acara pelantikan Presiden Joe Biden, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (21/1/2021).

1. Jill Biden

Penampilan Jill Biden pada saat pelantikan Joe Biden sangat berkesan. Ia menggunakan mantel biru serasi dengan sarung tangan kulit dan clutch, yang dibuat oleh Markarian, label mode mewah asal New York, yang didirikan pada 2017 dan desainer Alexandra O'Neill.

Mantel ibu negara ini juga dihiasi dengan mutiara detail berkilau yang halus dan kalung putih yang bertaburkan berlian Swarovski yang berbentuk pola bunga untuk menangkap cahaya selama upacara. Kerah dan ujung lengannya kontras dari beludru biru tua.

Jill pun mengenakan masker yang serasi dengan pakaiannya, masker yang dipakai Biden dirancang oleh Markarian, Garment District, New York City, bersama dengan desainer Alexander O'Neill.

Markarian menjelaskan makna dibalik warna biru laut yang dipakai Joe Biden dan istri. "Warna biru dipilih untuk potongan-potongan itu untuk menandakan rasa percaya, kepercayaan diri, dan stabilitas.”

2. Kamala Harris

Wakil Presiden Kamala Harris yang dilantik lebih dulu, juga mengenakan blazer panjang seperti Jill Biden dengan single breasted coat tapi ia lebih memilih warna ungu yang merupakan rancangan desainer kulit hitam Christopher John Rogers dan Sergio Hudson. Warna ungu kerap menjadi simbol pemersatu dan perdamaian.

Ia memadukan busana itu dengan kalung mutiara karya Wilfredo Rosado yang menjadi salah satu item fashion favoritnya. Tak lupa dia juga memakai masker dan sarung tangan panjang yang berwarna hitam.

4. Lady Gaga

Lady Gaga yang mengenakan ansambel yang dirancang oleh Daniel Roseberry tersebut berupa jaket berwarna navy serta rok tebal yang terbuat dari kain sutera merah. Pada jaketnya tersebut, Gaga menyematkan bros berbentuk merpati berukuran besar.

Selain itu, ia pun mengenakan gaun jubah khusus serba putih milik Givenchy oleh Matthew Williams, yang dipadukan dengan masker wajah yang serasi. Ia kemudian menata rambut platinumnya dengan gaya kepang.

4. Jennifer Lopez

JLo tampil stunning mengenakan busana serba putih berupa setelan jas berpotongan panjang, dipadukan dengan celana putih beraksen glitter dan ruffled blouse. Selain itu, ia juga tampil dengan balutan inner dengan detail ruffle serba putih, lengkap dengan anting, cicin, dan riasan wajah serta rambut yang memukau.

5. Amanda Gorman

Gorman bertugas membacakan puisi karangannya di pelantikan Joe Biden berjudul The Hill We Climb. Perempuan berusia 22 tahun itu digadang-gadang akan menjadi penerus pujangga Maya Angelou. 

Dalam kesempatan tersebut, perempuan berkulit hitam itu mengenakan busana dan mantel kuning rancangan Miuccia Prada, desainer yang dikaguminya karena sosoknya yang intelek dan feminis. Gorman melengkapi penampilannya dengan hoop earring emas dari Nikos Koulis dan cincin keluaran Of Rare Origin yang dikirimkan oleh Oprah Winfrey.

6. Michelle Obama

Michelle mengenakan busana serba merah tua berupa jas panjang, dipadukan dengan celana merah tua rancangan desainer muda Amerika Sergio Hudson. Sejak lama, mantan ibu negara itu menunjukkan dukungannya terhadap para pelaku usaha kreatif lokal.

Selain itu ia juga menggunakan sepatu hitam dan ikat pinggang dengan bentuk bulatnya. Tak lupa dia juga memakai masker dan sarung tangan panjang yang berwarna hitam dengan tatanan rambut yang memukau. (Melia Setiawati)