Sukses

Pesan Jill Biden Lewat Mantel Warna Ungu Jelang Pelantikan Presiden AS

Liputan6.com, Jakarta - Jill Biden membawa simbol tersirat melalui pakaian yang dikenakannya sehari sebelum pelantikan Presiden AS (Amerika Serikat) dan dirinya sebagai Ibu Negara. Makna tersebut dinilai sejalan dengan tema pelantikan yaitu 'American Unity'.

Dilansir dari laman FootWear News, Selasa, 19 Januari 2021, hal itu terjadi di momen pidato terakhir Presiden terpilih Joe Biden. Biden mengucapkan selamat tinggal dengan nada penuh emosional sebelum meninggalkan kampung halamannya, Delaware.

Ia akan menuju ke Washington D.C untuk pelantikannya, yang akan dilangsungkan pada Rabu (20/1/2021) waktu setempat. Joe Biden pun tampak menyeka air mata haru sebelum mengucapkan salam perpisahan itu.

Penampilan Jill Biden pada saat itu sangat berkesan. Ia menggunakan mantel ungu serasi dengan sarung tangannya. Jill pun mengenakan masker bermotif floral yang manis sekali.

Ketiga item fesyen tersebut diketahui dirancang desainer muda yang berbasis di New York, Jonathan Cohen. Namanya memang tidak familiar di kalangan penggemar mode, karena memang itulah niat yang ingin disampaikan Jill Biden.

Wanita berusia 69 tahun ini ingin memajukan desainer muda Amerika, yang dalam situasi pandemi ini mengalami keterpurukan secara ekonomi. Jill Biden pun siap mendukung fesyen berkelanjutan (sustainability fashion) yang digalakkan industri fesyen dunia.

2 dari 4 halaman

Arti Warna Ungu

Untuk aksesori, Jill Biden memilih clutch ungu dari Tyler Ellis dan alas kaki warna netral dari Jimmy Choo seharga 725 dolar AS atau sekitar Rp10,2 juta. Sementara, masker wajah yang dikenakan Jill berasal dari lini The Studio juga dari Jonathan Cohen.

Masker wajah ini dibuat dengan kain sisa dari koleksi sebelumnya, yang dibuat Cohen bersama dengan penjahit Antony Vallon. Jill juga melengkapi penampilannya dengan sarung tangan ungu.

Warna ungu yang dipilih Jill Biden ternyata punya makna khusus. Dalam dunia politik, ungu kerap dianggap sebagai simbol persatuan karena memadukan motif merah Partai Republik dan skema warna biru Partai Demokrat.

Ungu juga diibaratkan sebagai hak memilih dan bersuara, yang mendukung hak perempuan untuk memilih. Pasangan Presiden dan Wapres AS terpilih, Joe Biden dan Kamala Harris saat ini sudah berada di Washington DC untuk acara pelantikan mereka.

3 dari 4 halaman

infografis Peta kemenangan Presiden AS

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: