Sukses

Warganet Bocorkan Tampilan Baru Gedung Sarinah Thamrin, Ada Benda Bersejarah yang Selama Ini Tersembunyi

Liputan6.com, Jakarta - Pada pertengahani 2020, gedung pusat perbelanjaan Sarinah di kawasan jalan Thamrin, Jakarta Pusat, atau lebih dikenal dengan nama Sarinah Thamrin ditutup sementara untuk direnovasi. Banyak yang bersedih karena punya banyak kenangan di tempat perbelanjaan modern pertama di Jakarta ini. Salah satunya adalah restoran cepat saji MacDonald’s atau McD yang juga harus tutup.

Meski begitu di tahun ini kita akan melihat gedung Sarinah tentunya setelah proses pemugaran selesai. Namun tidak akan ada perubahan mendasar karena gedung tersebut termasuk bangunan bersejarah di Jakarta. Lalu, perubahan apa saja yang akan terjadi? Seorang warganet baru saja memberi sedikit bocoran tentang sesuatu yang baru di gedung Sarinah Thamrin.

"yang kemarin dateng kesini rame2 pas MCD sarinah tutup, jangan sedih. @ptwikarealty bakal bikin #sarinah yg lebih kece ❤ Ada kejutan di project ini dgn ditemukan sebuah patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno setinggi 3 x 12 m (foto di slide 3, patung feat me 🤭), yg selama ini disembunyikan didalam struktur bangunan, dan baru diketahui keberadaanya ketika bangunan di bongkar 😱," tulis pemilik akun Instagram @liayuslan, Jumat (8/1/2021).

"Btw, ini kunjungan pertamaku ke proyek di #2021 . Gak tau deh masih ada ksempatn nengok proyek lain, terutama yg jauh2 gak yah setelah inu. Hopefully, di 2021 kita tetap produktif, makin bnyk wishlist yg tercentng, dan adaptif dgn perubahan," sambungnya dalam keterangan foto.

Wanita yang kemungkinan besar bermama Lia itu terlihat memakai blazer dan rok hitam, kemeja biru dan helm proyek serta vest kuning di foto lainnya, yang sepertinya merupakan seragam perusahaan tempatnya bekerja. Di dua foto pertama ia berpose dengan latar gedung yang masih dipugar.

Sedangkan dalam foto ketiga, ia sedikit memperlihatkan bagian dari patung dari relief tersebut yang tentunya bikin banyak warganet penasaran. Dari keterangan yang dituliskan, wanita tersebut bekerja di perusahaan jasa konstruksi dan pengembang realty, PT Wika Realty, yang merupakan salah satu anak perusahaan BUMN PT Wijaya Karya (Persero) yang memang menjadi kontraktor proyek pemugaran gedung Sarinah.

Patung yang dimaksud wanita tersebut kemungkinan besar adalah sebuah relief bersejarah yang sempat diungkapkan Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati pada Oktober lalu. Dikutip dari Antara, 18 Oktober 2020, relief bersejarah itu berusia lebih dari setengah abad di gedung Sarinah, Jakarta, dan akan dipamerkan sebagai salah satu ikon budaya saat pembukaan kembali pusat perbelanjaan tersebut pada Agustus 2021.

2 dari 4 halaman

Selesai Agustus 2021

Pemugaran gedung pusat perbelanjaan Sarinah,yang berlokasi di Jalan MH Thamrin, Jakarta, telah dimulai sejak Agustus 2020, bertepatan dengan Peringatan HUT Ke-58 Sarinah.

"Relief tersebut memang ada, namun informasi detail tentang ini belum dapat kami publish, karena akan menjadi salah satu ikon kejutan yang akan kami tampilkan saat grand opening Agustus tahun depan," kata Fetty kepada Antara.

Fetty menjelaskan bahwa penempatan relief tersebut akan diletakkan di tempat aslinya. Relief tersebut menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia dan mata pencariannya. Pada satu sisi, relief itu bergambar perempuan berkain kemben dengan bahu terbuka, sambil membawa kendi.

Sementara sisi lainnya, relief berbentuk petani menggunakan topi caping. Pemugaran gedung Sarinah dimulai sejak keluarnya rekomendasi Tim Sidang Pemugaran Cagar Budaya provinsi DKI Jakarta pada awal Juni lalu. Fetty pun memastikan pemugaran gedung berjalan sesuai rencana dan rampung sesuai target pada Agustus 2021.

Meski belum diketahui secara pasti, tentu menarik untuk ditunggu akan seperti apa tampilan atau hasil pemugaran gedung perbelanjaan Sarinah Thamrin.

3 dari 4 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: