Sukses

Brand Denim Ramah Lingkungan Buka Repair Shop Kedua

Saat ini, konsumen dapat melihat keterbukaan rantai pasokan dalam proses produksi.

Liputan6.com, Jakarta -  Nudie Jeans, brand denim dari Swedia, adalah brand yang pionir dalam sustainability program/program keberlanjutan baik bagi lingkungan maupun sosial. Beberapa upaya yang dilakukan adalah melakukan tranparansi produksi denim dan membuka Nudie Jeans Repair Shop.

Hal itu dilakukan sebagai akses bagi pecinta denim untuk turut serta dalam filosofi keberlanjutan dari Nudie Jeans. Di penghujung tahun ini, Nudie Jeans mengenalkan konsep transparansi dalam produksinya secara penuh dan membuka Nudie Jeans Repair Stop yang ke-2 di Indonesia bertempat di Plaza Indonesia Level 2 untuk memperluas akses terhadap sustainability concept bagi para pecinta Nudie Jeans di Asia Tenggara.

Saat ini, konsumen dapat melihat keterbukaan rantai pasokan dalam proses produksi mulai dari penggunakan bahan mentah, proses produksi, kesimpulan dari audit pabrik dan sertifikasi. Pemasok yang bekerja sama dengan Nudie Jeans akan tetap ada di Production Guide, yaitu daftar pedoman transparansi produksi yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2013 di nudiejeans.com.

Sedangkan Nudie Jeans Repair Shop terbaru akan menjadi pusat bagi konsep keberlanjutan sebuah denim yaitu dari penjualan produk Nudie Jeans, reparasi (repair), penukaran (trade-in) dan penjualan kembali (resold).  “Kami mengimplementasikan filosofi yang dimiliki oleh Nudie Jeans melalui penyediaan akses, menjelaskan konsep dan menunjukkan tanggung jawab kami terhadap sustainability concept dengan membuka lebih banyak Nudie Jeans Repair Shop.

Dengan menyediakan garansi reparasi denim selamanya, transparansi rantai produksi dan hanya menggunakan bahan dari kapas organik, Nudie Jeans adalah pionir dalam industri denim untuk konsep keberlanjutan.” Jelas Co-founder Nudie Jeans, Joakim Levin dalam siaran persnya Selasa (29/12/2020).

Di Indonesia, sustainability concept mendapat respon positif dari pecinta Nudie Jeans. Dari Desember 2019 hingga 28 Desember 2020, ada 1747 denim yang direparasi sehingga bisa digunakan kembali dan 78 pcs denim untuk trade-in.

“Tranparansi produksi sangat penting. Tanpa transparansi akan sulit untuk menjaga kepatuhan selama proses produksi. Kami selalu memastikan seluruh pihak yang terlibat dalam proses produksi tetap aman dan turut mengurangi dampak buruk pada lingkungan. Bekerja erat dengan para pemasok memungkinkan kami berbagi data tersebut kepada para pecinta Nudie Jeans.” terang Sustainability Manager Nudie Jeans, Sandya Lang.

Konsep Nudie Jeans Repair Shop yang kedua di Indonesia ini mencerminkan kekuatan dan ketahanan denim yang menjadi bagian dari sustainability concept Nudie Jeans. Penggunaan lantai ubin tanah liat warna terakota menyatu dalam interior yang didominasi warna palet. Modul khas milik Nudie Jeans, berupa denim yang ditumpuk, menjadi ciri keseluruhan disain dan ditata dengan sangat detail. Rak menggunakan bahan baku dari Indonesia ditambah modul denim mengisi keseluruhan interior toko.

In-house Architect Nudie Jeans, Ida Toll, mengatakan “Desain Nudie Jeans Repair Shop kali ini merupakan kombinasi dari bagian auntentik khas Nudie Jeans dengan standard yang dimiliki oleh Plaza Indonesia. Kami selalu mengupayakan penggunaan bahan mentah, menghindari plastik, laminasi dan komposit serta memastikan bahan-bahannya yang digunakan, diproduksi secara bertanggung jawab.”

Nudie Jeans Repair Shops saat ini ada 33 dan berlokasi di Gothenburg, Stockholm, Oslo, London, Munich, Malmo, Zurich, Barcelona, Berlin, Sydney, Melbourne, Brisbane, Tokyo, Nagoya, Osaka, New York, Amsterdam, dan Los Angeles.

Denim dari Swedia ini telah dikenal dalam konsep keberlanjutan di bidang lingkungan dan sosial. Nudie Jeans hanya menggunakan bahan dari kapas organik untuk memastikan pertanggungjawaban dan transparasi proses produksi, serta menyediakan reparasi selamanya. Nudie Jeans juga menjual denim bekas layak pakai dan menawarkan tukar tambah denim.

Koleksi yang akan ada di Nudie Jeans Repair Shop terbaru ini meliputi celana denim, t-shirt, shirt, jaket, ikat pinggang dan aksesoris dengan harga Rp 200.000,- hingga Rp 4.000.000,- Nudie Jeans Repair Shop juga menyediakan layanan perbaikan selamanya tanpa ada tambahan biaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini