Sukses

Makanan Khas Natal dari Berbagai Negara, dari Ayam Goreng sampai Kue Jahe

Makanan khas Natal dari berbagai negara ini bisa menambah semarak perayaan Natal.

Jakarta - Di tahuun ini kita memang harus merayakan Natal di tengah pandemi. Namun kebersamaan dengan keluarga dan hidangan lezat di meja makan tak bisa lepas dari tradisi perayaan Natal di berbagai penjuru dunia.

Sama halnya kebudayaan yang bervariasi dari satu tempat dengan tempat lainnya, tentu saja makanan khas yang disajikan saat Natal juga bermacam-macam.

Makanan khas Natal dari berbagai negara ini bisa menambah semarak perayaan Natal, sekaligus menghangatkan suasana. Dilansir dari Antara, Kamis, 24 Desember 2020, berikut hidangan khas Natal di berbagai belahan dunia.

Indonesia

Makanan yang disajikan saat Natal di Indonesia bervariasi, mulai dari masakan khas Batak seperti saksang, ayam kodok, arsik --ikan mas bumbu kuning—sampai sambal tumpang. Namun biasanya kue-kue kering seperti kue jahe, nastar, putri salju dan kue kacang juga selalu disajikan.

Jerman

Natal di Jerman dirayakan dengan makan malam, biasanya berisi daging panggang dan kentang, lalu makanan penutup berupa kue jahe dan roti klasik Stollen atau Stollen Cake. yaitu roti yang berisi buah, kacang-kacangan, yang dibalur dengan icing sugar di atasnya Untuk minumannya, ada anggur merah Feuerzangenbowle.

Portugal

Saat merayakan Natal di Portugal, orang-orang biasanya menyantap kentang dan ikan kod. Tak ketinggalan kue Natal Bolo Rei, roti manis berisi kacang dan campuran buah kering, kismis yang ditaburi gula bubuk. Untuk hidangan penutup ada filhos, camilan yang digoreng dan dilapisi gula serta kayu manis. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Amerika Serikat

Di Amerika, hidangan Natal mirip dengan makanan yang disajikan saat Thanksgiving, yaitu kalkun jadi sajian yang harus ada di meja makan

Finlandia

Lanttulaatikko adalah hidangan tradisional Natal di Finlandia. Lanttulaatikko dibuat dari rutabaga - persilangan antara kol dan lobak- yang disebut "Swede" di Eropa.

Rutabaga yang direbus, dihancurkan, diberi pemanis dan ditambah dengan campuran telur, krim, remah roti, butter, garam dan rempah seperti jahe, kayu manis dan pala kemudian dipanggang hingga matang.

Norwegia

Pada malam Natal, hidangan populer di Norwegia adalah babi panggang dengan sosis dan kentang. Untuk makanan pencuci mulut, ada Multekrem yang dibuat dari campuran cloudberry dengan krim kocok dan gula.

3 dari 4 halaman

Filipina

Penganan khas dari Filipina adalah kue Bibingka yang merupakan kue tradisional dari santan dan tepung beras, mentega dan telur. Setelah dibungkus dengan daun pisang, barulah kue ini dimasak hingga matang

Jepang

Ayam goreng dari brand KFC selalu menghiasi perayaan Natal di Jepang. Dilansir dari Independent, tradisi menyantap ayam KFC di Jepang saat Natal dimulai pada 1974 ketika brand tersebut membuat iklan "Kentucky untuk Natal".

Kebiasaan ini lantas menjadi fenomena nasional. Dikombinasikan dengan kampanye pemasaran yang cerdas dan resep ayam goreng Kolonel Sanders kini identik dengan perayaan Natal Jepang yang meriah. Selain ayam goreng yang renyah, kue-kue seperti strawberry shortcake juga identik dengan hari raya Natal di Jepang.

4 dari 4 halaman

6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.