Sukses

23 Hidangan Unik Khas Budaya Asia, Ada dari Indonesia Juga

Liputan6.com, Jakarta - Makanan adalah bagian dari identitas budaya suatu bangsa. Tak berlebihan jika suatu panganan kerap dikaitkan dengan kelompok budaya tertentu. 

Dibawah ini adalah 23 menu hidangan di negara-negara Asia yang memiliki ciri khasnya masing-masing, seperti dilansir dari Buzzfeed, Jumat (11/12/2020).

1. Durian

Dikenal di Asia Tenggara sebagai Raja Buah, namun juga dapat dianggap sebagai raja yang bau busuk, karena baunya itu sangat tajam hingga dapat menempel di pakaian dan tangan Anda, wanginya juga dapat menembus dari kulit berdurinya. Tetapi, buahnya sendiri manis dan bertekstur lembut, itu akan dapat dirasakan jika Anda bisa mengatasi baunya.

2. Natto

Natto merupakan kedelai fermentasi yang terkenal, karena baunya yang menyengat, jika dibandingkan dengan kaus kaki tua yang kotor, wanginya tetap masih lebih jinak dari pada durian. Mereka biasa memakannya di Jepang, sebagai sarapan bersama nasi.

3. Jelly Penyu

Ini merupakan berbahan dari bubuk cangkang kura-kura yang direbus dengan rempah-rempah, kemudian dibiarkan menguap agar dapat menghasilkan jelly penyu. Pertama kali dibuatnya sebagai obat di China. "naikkan Yin dan turunkan Yang Anda," kata ini cukup tepat karena pahit jelly dapat diimbangi dengan madu atau susu kental.

4. Kopi Luwak

Di Indonesia, buah kopi ini hasil dari makanan yang dikeluarkan dari musang sawit Asia yang kotorannya digunakan untuk membuat kopi, ini adalah kopi dari kotoran luwak. Ini dijual dengan harga tinggi karena menyebabkan musang dikurung dan dipaksa untuk makan buah beri oleh petani. Tetapi, itu adalah hal yang baru, dan penikmat dari kopi ini setuju kalau rasanya tidak enak.

5. Ceker Ayam

Ceker Ayam, tidak hanya dimakan di Asia namun, di Peru, Meksiko, dan Afrika Selatan juga. Itu memang hanya ayam, tetapi kulitnya itu diasinkan dan uratnya terasa kenyal. Maka sebut saja ini adalah mengenai tekstur.

2 dari 7 halaman

Darah Ayam dan Embrio Bebek

6. Sup Sarang Burung walet

Burung walet menggunakan air liurnya sendiri kemudian mengeras, untuk membuat sarangnya. Satu sarangnya dihargai hingga $ 100 (Rp 1,4 juta), namun semua nilai kalsium, zat besi, kalium, dan magnesiumnnya itu pasti sepadan dengan harga tersebut.

7. Balut

Makanan dari Filipina ini merupakan telur bebek yang telah dibuahi, kemudian direbus secara hidup-hidup dan kemudian dimakan. Saat dicoba rasanya tidak terlalu buruk, namun akan terasa menyedihkan karena memakan bayi bebek yang sederhana ini.

8. Telur Bitan

Jika balut terlalu segar, maka cobalah telur yang satu ini. Ini adalah telur bitan dari China yang merupakan dari telur bebek atau puyuh yang diawetkan dalam lauratan garam selama berbulan-bulan, rupanya telur ini memberikan tekstur seperti jeli krim yang aneh dan namun, rasanya seperti telur biasa.

9. Kubus Darah Ayam

Cobalah darah ayam berbentuk gumpalan dari Filipina ini. Makanan ini dipanggang kemudian ditusuk dengan harga yang murah. Nama lokalnya adalah betamax, sesudah kaset VHS hitam dan kotak kuno buatan Sony pada tahun 70-an.

10. Sake Habu

Di Okinawa, pembuat anggur di Jepang akan menenggelamkan ular ke dalam toples sake dan membiarkannya tenggelam, lalu melepaskan racun mereka ke dalam anggur untuk dibuat minuman khusus yang akan meningkatkan libido pria.

3 dari 7 halaman

Sup Telur Semut hingga Kerupuk Tawon

11. Sup Telur Semut Putih

Telur semut putih merupakan makanan lezat yang populer di Asia Tenggara dan sering kali dihidangkan ke dalam sup, bersama dengan sebagian embrio dan bayi semut. Hampir menyerupai kaviar, namun mereka muncul di mulut Anda untuk melepaskan rasa asam.

12. Hachiniko

Jika Anda menyukai madu, mungkin Anda juga akan menyukai lava lebah madu. Mereka ini dimasak dan dibumbui, namun kerenyahan kerangka luar dan kekenyalan dari jeroan mungkin sulit untuk dikunyah.

13. Beondegi

Secara harafiahnya diartikan sebagai kepompong. Mereka dikukus atau direbus, kemudian dibumbui untuk dijual kepada pedagang kaki lima. Ini cocok jika dimakan bersama minuman bir dan banyak lainya.

14. Inago

Embrio serangga ini tampaknya terlihat enak di semua tahap perkembangan. Jangkrik dan belalang Jepang ini dibumbui dan dimasak menggunakan gula dan kecap, rasanya akan gurih jika bersama semangkuk nasi.

15. Kerupuk Tawon

Inovasi lain dari Jepang, dimana pemburu akan menangkap tawon penggali di hutan, lalu merebusnya di air, kemudian mengeringkannya dan membuangnya ke dalam adonan kerupuk karena protein.

4 dari 7 halaman

Ikan Beracun dan Mata Tuna

16. Tarantula Goreng

Selama pemerintahan Khmer Merah di Kamboja, orang-orang mulai menggoreng tarantula ketika pada saat makanan langka. Kini makanan itu menjadi atraksi kuliner yang digambarkan sebagai persilangan antara ayam dan ikan.

17. Basashi

Merupakan ikan mentah di Jepang, yang dikenal sebagai daging bunga sakura. Makanan ini memiliki rendah kalori, lemak, kolesterol, dan sangat tinggi protein.

18. Fugu

Salah satu makanan yang aneh namun terkenal adalah Fugu, ini adalah ikan buntal Jepang yang berisi racun yang sangat mematikan. Harus disiapkan dengan benar, namun ini adalah ikan yang cukup aman dan hambar, tetapi ini seperti menantang kematian daripada merasakan rasa dari sebenarnya.

19. Shirako

Shirako diterjemahkan sebagai anak kulit putih, dari bahasa Jepang. Ini adalah kantung sperma ikan jantan, karena jika telur ikan itu adalah hasil buruan, lantas kenapa sperma ikan tidak?

20. Mata Tuna

Orang Jepang benar-benar memanfaatkan setiap bagian dari hewan, dan mata tuna yang cukup lembek, rasanya seperti cumi rebus yang berlemak. Ini merupakan fakta yang sebenarnya.

5 dari 7 halaman

Gurita dan Udang Hidup

21.  Shiokara

Adapun sisa ikannya, akan digunakan untuk shiokara. Ini merupakan sup seafood cincang Jepang dengan pasta dan jeroannya, caranya makannya dengan menegus satu porsi sekaligus atau bersamaan dengan wiski.

22. Udang Mabuk

Udang ini masih hidup dan akan berenang-renang seperti keadaan mabuk di genangan alkohol. Caranya adalah Anda menggigit kepala untuk membunuhnya dan kemudian memasukkan tubuh yang masih menggeliat itu ke dalam mulut Anda, itu adalah cara bagaimana memakannya.

23. Tentakel Gurita Hidup

Ini tidak hidup, tetapi saraf di anggota tubuh gurita tetap akan bergerak. Namun justru Anda akan mengetahui jika tentakel ini segar.

 

Reporter : Romanauli Debora

6 dari 7 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    Indonesia
  • Filipina ialah salah satu negara republik di Asia Tenggara
    Filipina ialah salah satu negara republik di Asia Tenggara
    Filipina
  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang
  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    China
  • Meksiko merupakan salah satu negara yang terdapat di utara benua Amerika
    Meksiko merupakan salah satu negara yang terdapat di utara benua Amerika
    Meksiko
  • peru