Sukses

4 Palet Tren Warna Cat Dinding 2021 Menurut Dulux

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Brave Ground," Dulux merilis Colour of the Year 2021. Tren warna cat dinding pada tahun depan ini terdiri dari empat palet yang bermakna lebih dari sekadar pelengkap ruangan.

Oscar Wezenbeek, Managing Director AkzoNobel Decorative Paints South East Asia and South Asia (SESA), mengatakan dalam jumpa pers virtual, Kamis, 17 Desember 2020, "Tren warna cat dinding merupakan rilisan tahunan yang memperlihatkan bagaimana perubahan lingkungan sosial terekam dalam warna."

Setiap tahun, para ahli berkumpul memprediksikan tren warna cat dinding dengan melihat ragam faktor, mulai dari sosial, bahkan sampai kondisi politik. Penetapan tersebut kemudian akan diadopsi kembali supaya terasa dekat dengan masing-masing wilayah.

Pada 2021, Brave Ground dimaknai sebagai simbol harapan dan adaptasi terhadap perubahan, seiring bergerak maju menyambut tahun lebih baik. Namun, di saat bersamaan, tetap berpijak dan menghargai hal-hal sederhana melalui rasa lebih dekat dengan alam.

Gagasan tersebut kemudian dituangkan dalam empat palet warna, yakni Expressive, Trust, Timeless, dan Earth. Didominasi warna bernuansa merah, dusty pink, dan maroon, palet warna Expressive mendorong orang untuk berani mengambil keputusan di masa-masa sulit sekali pun.

"Kemudian, Trust. Selama pandemi, orang merasa penting untuk tetap terhubung, entah dengan diri sendiri, keluarga, orang terdekat, mau pun komunitas mereka. Hubungan ini baru bisa terjalin setelah ada kepercayaan," tutur Wezenbeek.

Ini kemudian direfleksikan dengan palet warna cenderung brownish dalam Trust. Disusul dengan Timeless. Pengaplikasiannya akan memberi nuansa identitas yang kentara. "Ini adalah tentang bagaimana menghargai keindahan masa lalu dan memahami akar budaya sendiri," katanya.

Terakhir, Earth. Dengan riuh gerakan ramah lingkungan, Wezenbeek mengatakan, orang akan mau berada lebih dekat dengan alam, dan ini bisa berawal dari rumah mereka. Karenanya, palet warna cat dinding ini cenderung menenangkan, seperti biru yang merefleksikan laut dan hijau sebagai simbol alam.

 

2 dari 4 halaman

Pentingnya Elemen Warna

Indra Laban, president director PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), mengatakan bahwa ke empat palet warna tersebut bermkasud memberi keseimbangan antara keberanian dan stabilitas.

"Jadi punya pijakan kokok untuk menantang diri sendiri membuat keputusan dan mengadopsi berbagai kebiasaan baru," katanya.

Stella Lee, content creator yang memiliki ketertarikan pada gaya hidup dan travel, menjelaskan pentingnya elemen warna dalam mode, serta gaya hidup.

"Warna bisa membawa banyak pengaruh terhadap suasana hati dan inspirasi. Tahun ini, saya ingin mengaplikasikan warna lebih hangat, netral, serta lebih dekat dengan alam, untuk membantu saya berpikir dan menginspirasi diri sendiri demi proyek saya ke depan," katanya.

Dari ke empat palet warna Brave Ground, Stella mengaku paling cocok dengan Timeless. "Ada nuansa klasik yang memang saya suka," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Cara Cuci Tangan yang Benar

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: