Sukses

3 Museum Pemenang Indonesia Museum Awards 2020, Simak Daftarnya di Sini

Tak hanya mendaulat tiga pemenang, dewan juri Indonesia Museum Awards 2020 juga memberikan penghargaan kepada dua sosok yang peduli pada museum.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Museum Awards 2020 tetap digelar di tengah keterbatasan akibat imbas pandemi Covid-19. Acara penghargaan yang tahun ini bertema Museum Connect: a Conjunction Between Technology and Communication itu bertujuan untuk mengapresiasi upaya pengelola museum yang kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan cukup ketat.

Lewat tema tersebut, museum diharapkan selalu hidup dan terus berjalan meski pandemi membatasi pergerakan manusia. Indonesia Museum Awards 2020 juga menjadi bukti bahwa teknologi bisa membantu mengatasi persoalan walau dalam kondisi terbatas. Dengan mengambil tema ini diharapkan museum selalu hidup agar mata rantai sejarah perjalanan bangsa tetap bisa diestafetkan kepada generasi penerus.

"Segala kesulitan yang kita hadapi seakan diberi jalan keluar oleh teknologi. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, insya Allah segala kesulitan yang dihadapi museum sedikit bisa teratasi," kata Musiana Yudhawasthi, pendiri Komunitas Jelajah sekaligus Ketua Penyelenggara Indonesia Museum Awards 2020, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu, 12 Desember 2020.

 

Ia menyatakan antusiasme pengelola museum cukup tinggi terhadap ajang tahunan tersebut. Mengingat pandemi masih berlangsung, penyelenggaraannya tidak lagi dilaksanakan secara tatap muka, tetapi secara daring. Selain itu, panitia juga menyederhanakan kategori penilaian. Total ada tiga kategori yang dinilai, meliputi Museum Bersahabat, Museum Cerdas, dan Museum Cantik.

Berdasarkan data yang dihimpun Komunitas Jelajah, saat pandemi Covid 19 melanda Indonesia hampir seluruh museum di Indonesia menghentikan operasionalnya secara total. Seiring pelonggaran aktivitas masyarakat melalui Adaptasi Kebiasaaan Baru (AKB) yang dicanangkan pemerintah, sebagian museum kembali beroperasi mulai Agustus 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

"Sebanyak 271 museum telah aktif kemballi menyapa masyarakat melalui pemanfaatan beragam platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Blog, Youtube, Twitter, Podcast dan TikTok," jelas Ina.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Finalis dan Pemenang

 

 

Prof. Wiendu Nuryanti selaku Ketua Dewan Juri Indonesia Museum Awards 2020 menerangkan, kriteria masing-masing kategori mengacu pada penerapan dan penggunaan teknologi oleh museum di saat pandemi Covid-19. Untuk kategori Museum Bersahabat, sambung dia, fokus penilaian terletak pada cara museum menyosialisasikan Covid-19 dan protokol kesehatan melalui media sosial yang dimiliki.

"Kami juga menilai berbagai kegiatan yang dillakukan museum yang menunjukkan kepedulian sosial di saat pandemi, baik secara offline maupun melalui media sosial mereka masing-masing," urai Prof. Wiendu.

Sementara, kriteria penilaian Museum Cerdas antara lain sejauh mana media sosial yang dibuat museum mampu mengkomunikasikan program offline dan online, keselarasan program offline dan online dengan identitas museum, dan kreativitas museum dalam membuat konten-konten informatif, khususnya melalui media sosial yang mereka miliki seperti trivia, fun fact, musik, dan dongeng.

Terakhir, penilaian kategori Museum Cantik lebih ditekankan pada nilai estetika konten-konten media sosial yang mereka buat. "Keselarasan desain dengan identitas museum, tampilan visual yang relevan dengan konten yang ditampilkan serta komposisi layout, warna, tipografi, dan elemen grafis yang menarik," jelas desainer Samuel Wattimena yang juga menjadi anggota Dewan Juri Museum Awards 2020.

Berikut daftar finalis dan para pemenangnya: 

Kategori Museum Cerdas

Kandidat:

1.      Museum MuseumGubugWayang

2.      Museum Kebangkitan Nasional

3.      Museum Sandi

4.      Museum Penerangan

5.      Museum Rumah Atsiri

Peraih Anugerah: Museum Rumah Atsiri

 

3 dari 4 halaman

Daftar Finalis dan Pemenang

Kategori Museum Cantik

Kandidat:

1.      Museum Batik Yogjakarta

2.      Museum Dewantara Kirti Griya

3.      Museum Pasifika

4.      Museum Sonobudoyo

5.      Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Peraih Anugerah: Museum Sonobudoyo

Kategori Museum Bersahabat

Kandidat:

1.      Museum Bank Indonesia

2.      Museum Pergerakan Wanita Indonesia

3.      Museum POLRI

4.      Museum Transportasi

5.      Museum Kesehatan dr. Adhyatma RI

Peraih Anugerah: Museum Bank Indonesia

Young Figure for Museum Care:      Olivia Zalianty

Pengabdian Sepanjang Hayat:          Sir DR. Harry Darsono, Ph.D.

4 dari 4 halaman

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bermasker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.