Sukses

Kemenparekraf Gelar Pameran Pariwisata di Bandung

Kemenparekraf kembali gelar pameran pariwisata dengan tajuk misi penjualan pasar Nusantara

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bakal menggelar pameran pariwisata bertajuk "Misi Penjualan Pasar Nusantara' di kota Bandung, Sabtu dan Minggu (15/11/2020). Kegiatan Misi Penjualan Pariwisata Nusantara ini akan diisi dengan pameran consumer selling dan gala dinner. 

Pameran yang mengajak masyarakat untuk membangkitkan pariwisata dalam negeri itu akan diselenggarakan di Mall Festival Citilink, Bandung pada 14 November 2020. Esok harinya akan digelar gala dinner di Hotel Harris Bandung. 

Direktur Pemasaran Regional I Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu menjelaskan, pameran ini ingin mengajak masyarakat untuk berwisata dengan aman dan nyaman #DiIndonesiaAja.

"Pameran ini sebagai upaya untuk meningkatkan dan memulihkan kembali perekonomian lokal, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Vinsensius Jemadu, Jumat (13/11/2020).

Nantinya, sambung Vinsensius, event ini sebagai wadah pertemuan antara pegiat destinasi wisata dengan online travel agent.

"Harapannya dapat membantu mempromosikan hingga menjual paket destinasi wisatanya," katanya.

Kegiatan ini akan melibatkan lima travel agent /tour operator seperti MyDuta Tour, Mentari Tour, Ratu Tour, Bandar Tour, Padma Tour. Selain diikuti oleh travel agent, kegiatan ini diikuti dua industri kreatif seperti UMKM Kembang Kamonesan dan UMKM An-Nafi Rumah Jamur dan Sellers yang terdiri dari 45 industri pariwisata dengan segmen yang berbeda beda.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terus Menurun

 

Vinsensius menjelaskan, secara makro penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mulai terjadi pada Februari lalu sebesar 30,24 persen dan pada Maret lalu diprediksi terjadi penurunan hingga 70 persen. Penurunan jumlah kunjungan semakin tajam sejak pandemi COVID-19 semakin meluas pada bulan-bulan berikutnya.

Tak hanya wisatawan mancanegara, pergerakan wisatawan domestik mengalami penurunan drastis imbas COVID-19. Ditambah lagi beberapa destinasi sempat ditutup imbas pandemi Covid-19.

Selain mengajak masyarakat untuk berwisata #DiIndonesiaAja, Vinsensius Jemadu berharap pameran ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat bahwa berwisata domestik lebih dapat dipastikan keamanan dan kenyamanannya dibandingkan dengan merencanakan perjalanan ke luar negeri.

 

3 dari 3 halaman

Produk Pilihan

 

Sementara itu, Koordinator Pemasaran Pariwisata Regional I Area I Kemenparekraf, Taufik Nurhidayat mengatakan pameran ini akan menawarkan paket wisata menarik kepada pengunjung. Semua ditawarkan oleh lima industri pariwisata, termasuk di antaranya biro perjalanan wisata lokal Bandung dan Online Travel Agent (OTA).

"Tidak hanya itu, berbagai produk UMKM pilihan pun turut mewarnai pameran wisata ini. Selain di Bandung, kegiatan ini juga diselenggarakan di lima kota lainnya yaitu Malang, Yogyakarta, Padang, Medan dan Batam," kata Taufik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.