Sukses

Pelaku Industri Sambut Pameran Pariwisata Kemenparekraf di Yogyakarta

Pelaku industri menyambut baik inisiatif Kemenparekraf yang menggelar pameran pariwisata di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Pelaku industri menyambut baik Pameran Misi Penjualan Nusantara yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf). Ini dinilai sukses membangkitkan pariwisata Yogyakarta.

Event yang digelar sejak kemarin hingga hari ini di Jogja City Mall menumbuhkan kepercayaan wisatawan untuk kembali melakukan perjalanan wisata ke berbagai destinasi Pariwisata di Tanah Air, khususnya di Yogyakarta.

Ya, meski pandemi COVID-19 belum berakhir, namun Kemenparekraf telah melakukan berbagai hal untuk menjamin keamanan dan keselamatan wisatawan saat berwisata. Hal itu ditandai dengan peluncuran program BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman) serta CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental) yang merupakan pedoman bagi pelaku wisata, destinasi dan wisatawan saat berada di obyek wisata.

Tumbuhnya keyakinan wisatawan untuk kembali berwisata ditandai dengan ramainya Pameran Misi Penjualan Nusantara dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan transaksi wisata. Langkah nyata Kemenparekraf ini mendapat apresiasi berbagai pihak. Salah satunya datang dari Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Tentu kami mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Kemenparekraf/Baparekraf terhadap sektor pariwisata Yogyakarta. Apalagi dukungan ini diberikan dengan langkah konkret seperti yang dilakukan hari ini," kata kata Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, Singgih Raharjo seperti rilis yang diterima media.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Industri

 Apresiasi juga datang dari kalangan industri. Salah satunya seperti yang disampaikan oleh CEO Java Villas Boutique Hotel & Resto, Bobby Ardyanto Setyo Adjie.

Program sales mission yang digagas Kemenparekraf/Baparekraf ini amat membantu pelaku wisata dalam negeri untuk kembali bangkit setelah beberapa bulan belakangan dihantam badai Virus Corona. Apalagi, kata dia, pada event ini digaungkan ajakan untuk berwisata di dalam negeri dahulu ketimbang melakukan lawatan ke destinasi di luar negeri.

"Ada slogan berupa hastag #DiIndonesiaSaja. Tentu saja event ini amat positif karena mengajak orang untuk berwisata di dalam negeri saja dulu yang artinya menggeliatkan kembali sektor perekonomian masyarakat," kata Bobby.

3 dari 3 halaman

Bikin Aman

Hal senada diungkapkan oleh Travel Consultant Tunas Indonesia Tour & Travel, Yunita Prihastuti. Perempuan yang karib disapa Tata ini menilai langkah yang dilakukan Kemenparekraf amat menjamin tak hanya kalangan industri, tetapi juga wisatawan yang akan mengunjungi destinasi wisata tertentu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf/Baparekraf yang selalu hadir di tengah-tengah kesulitan kami saat puncak pandemi beberapa bulan kemarin. Kami juga berterimakasih atas upaya yang dilakukan melalui berbagai program yang pada akhirnya kami di industri dapat kembali menawarkan produk jasa kami kepada wisatawan," tutur Tata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.