Sukses

Bangun Rumah Impian Tidak Perlu Ribet Lagi

Liputan6.com, Jakarta Home sweet home. Itulah kutipan yang menjelaskan bahwa rumah seharusnya nyaman untuk ditinggali. Membangun rumah impian menjadi hal yang selalu diinginkan seseorang. Untuk mewujudkannya, tentu ingin mendesain semuanya sendiri. Mulai dari ruang tidur, dapur sampai taman di belakang rumah.

Namun, dalam membangun rumah ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu mempersiapkannya matang-matang, mulai dari desain hingga pemilihan bahannya.

Dengan begitu bisa menghindari Anda mengeluarkan biaya yang terlalu berlebihan. Selain itu, agar Anda tidak kecewa dengan hasil bangunan yang sudah jadi.

Dilansir liputan6.com, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membangun rumah impian.

Buat konsep rencana bangunan

Merencanakan pembangunan menjadi hal pertama yang perlu Anda siapkan. Mulai dari biaya, ukuran bangunan, bentuk bangunan, sampai tipe bangunan. Hal itu berguna agar rumah idaman tidak melenceng atau menjadi yang tak diinginkan.   Selain itu, Anda perlu mencermati target waktu pembangunan. Jika tidak direncanakan bakal membuat Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi. Pasalnya, bertambahnya biaya operasional dari tukang bangunan yang Anda gunakan. Oleh sebab itu rencanakan pembangunan rumah Anda dengan sebaik mungkin.

Desain rumah

Setelah membuat rencana, saatnya Anda pilih desain rumah yang menurut Anda menjadi impian. Mulai dari desain arsitektur modern, kontemporer, kolonial, art deco, atau tradisional, tetap usahakan jika rumah tersebut berfungsi secara optimal di tiap sisinya agar tidak sia-sia pada akhirnya. Dan, rumah dengan gaya simpel sangat mudah dalam perawatannya.

Pilih bahan bangunan berkualitas

Terkadang seseorang dibuat ‘galau’ saat memilih bahan bangunan. Hal itu dikarenakan akan mempengaruhi budget. Tetapi ada juga seseorang yang ingin menggunakan bahan bangunan berkualitas dengan harga murah. Tentu hal itu wajar.

Mungkin dalam hal ini kita harus kembali mengingat bahwa belum tentu semua yang mahal itu berkualitas, tapi yang pasti bahan bangunan berkualitas tidak murah. Namun, tidak murah bukan berarti mahal loh.

 

Beberapa hal yang perlu diingat, rumah adalah struktur permanen untuk menjadi naungan hidup, bekerja, istirahat dan mungkin yang paling penting, membina keluarga. Dibuat untuk memberikan rasa aman dan tentram.

Selain itu, rumah merupakan investasi jangka panjang yang memberikan jaminan penambahan nilai di masa depan. Tentunya bahan bangunan yang berkualitas cukup menentukan tingkat keamanan dan kenyamanan keluarga, dan return of investment di masa depan. Perlu diketahui, bahan bangunan terbagi menjadi dua, yang terlihat dan yang tak terlihat. Sebagai contoh bahan bangunan yang terlihat adalah jenis lantai, kusen pintu dan jendela, bahan pintu, kaca jendela, plafon hingga cat dinding.

Sedangkan contoh bahan bangunan yang tak terlihat seperti struktur, beton, besi, rangka atap, kabel dan elektrikal, pipa hingga batu bata dan semen. Seringkali calon pemilik rumah (atau bahkan kontraktor) mencoba memangkas biaya dengan menggunakan bahan bangunan berkualitas untuk yang terlihat, namun murah dengan kualitas meragukan untuk bagian yang tak terlihat. Indah dipandang, namun agak mengecewakan ketika diteliti lebih lanjut.

Maka dari itu, tak ada salahnya menggunakan jasa bangun yang berpengalaman dan tidak mengecewakan. Salah satunya ialah Sobat Bangun. Jasa tersebut merupakan bagian dari PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, anak perusahaan dari Semen Indonesia Group.   Bekerjasama dengan Sobat Bangun Anda bakal merasakan kerja serba praktis, transparan, dan pastinya kualitas terjamin. Tak perlu bingung lagi tuh dengan kontraktor, karena semua mitra kontraktor Sobat Bangun telah diverifikasi dari mulai yang berbadan hukum hingga perorangan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat budget yang kamu berikan untuk bahan bangunan berkualitas dialokasikan kemana saja melalui RAB yang sangat transparan dan terperinci. Pengerjaan pun dipastikan tepat waktu dan sesuai dengan ekspektasi desain dan kualitas yang Anda harapkan.

Kalau sudah begitu, bangun rumah impianmu bersama Sobat Bangun. Rumah impian ada di depan mata.

 

(*)