Sukses

Para Musisi Suarakan Cinta pada Keindahan Hutan Indonesia dalam Musika Foresta

Sejumlah musisi menyuarakan kecintaan mereka pada hutan Indonesia dalam ajang Musika Forestra. Acara akan berlangsung di kanal YouTube.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah musisi tanah air akan menyuarakan rasa cinta mereka pada kekayaan dan keindahan hutan Indonesia melalui Musika Foresta, Sabtu (31/10/2020). Mereka adalah Ardhito Pramono, Danilla, Astrid, Mario Ginanjar, Achi Hardjakusumah dan Asido Manullang, Kunokini, Alam Urbach dan Natasha Urbach, serta Ibee Music.

Konser bertajuk Musika Forestra ini akan berlangsung pada pukul 19.00-21.00 WIB ini merupakan penutup bagi rangkaian Festival Hutan Kita Juara yang dilaksanakan oleh Gerakan Hutan Itu Indonesia dalam rangka merayakan Hari Hutan Indonesia perdana pada 7 Agustus 2020 lalu. Acara tersebut berlangsung secara virtual melalui kanal YouTube.

“Sebagai bangsa yang juara karena hutannya, kita perlu memperkenalkan keindahan dan kekayaan hutan Indonesia kepada anak muda kita sebagai calon pemimpin bangsa dengan cara-cara yang menyenangkan, yang mudah diterima agar mereka mengerti betapa pentingnya hutan Indonesia. Salah satu cara yang paling mudah dipahami anak muda adalah melalui musik," kata Andre Christian, Ketua dan co-founder Hutan itu Indonesia lewat pesan tertulis.

Hutan Itu Indonesia dikenal sebagai gerakan yang kerap mengajak anak muda perkotaan Indonesia untuk menikmati hutan secara langsung dalam program Cerita Dari Hutan, mengadopsi pohon dengan berlari dalam program Kulari ke Hutan, menikmati rasa hutan melalui Jamuan dari Hutan, dan berbagai aktivitas unik dan menyenangkan lainnya. 

Setelah penyelenggaraan pertamanya pada 2016-2017, di masa pandemi ini, Musika Foresta kembali dipilih untuk menyampaikan keindahan hutan Indonesia ke anak muda perkotaan tanpa mereka perlu datang ke hutan, bahkan kali ini, tanpa perlu meninggalkan kamar mereka.

“Bagi saya, hutan adalah awal dari segalanya, awal dari peradaban manusia, sumber inspirasi serta oksigen bagi dunia ini. Kini saatnya kita jaga hutan bersama," ujar Ardhito Pramono.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uni Eropa dalam Musika Foresta

Musika Foresta tahun ini menjadi bagian dari kegiatan Climate Diplomacy Week yang diselenggarakan oleh European Union mulai 24 Oktober hingga 6 November 2020 dengan mengangkat tema “Act Today For Our Tomorrow”.

“Kelestarian hutan sangatlah berpengaruh pada perubahan iklim yang menjadi tantangan sangat besar bagi bumi kita. Kelompok pemuda dan masyarakat sipil di seluruh dunia telah berteriak lantang soal perubahan iklim. Mereka menuntut pemerintah, sektor swasta, dan kita semua untuk beraksi," kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket. "Tidak diragukan lagi, kita harus segera beraksi sekarang, demi masa depan kita," sambungnya.

Konser virtual Musika Foresta #diruangmaya dapat dinikmati secara gratis melalui kanal Youtube Hutan itu Indonesia. Caranya, cukup daftarkan diri ke loket.com/event/musikaforesta untuk dapat menonton serta mendapatkan suvenir cantik berupa kain tenun, baju, buku, album, dan tas yang ditandatangai oleh para musisi. Hadiah didapatkan melalui undian saat konser berlangsung.

Musika Foresta merupakan puncak perayaan Festival Hutan Kita Juara yang sejak Agustus 2020 didukung oleh lebih dari 140 kolaborator dari berbagai organisasi dan komunitas anak muda, serta lebih dari 250 pasukan sukarelawan digital dari berbagai kota di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.