Sukses

Restoran Chinese Food di Gang Sempit Jakarta Jadi Perbincangan, Apa Istimewanya?

Liputan6.com, Jakarta -  Sebuah video restoran unik sempat jadi viral di TikTok. Dalam video tersebut terlihat pengunjung harus melewati gang kecil untuk sampai ke restoran. Tempat makan tersebut bernama 'Masakan 19 Chinese Food' yang terletak di Gang Caiho, Tambora, Jakarta Barat.

Video yang diunggah @kulinersamacici pada 10 Oktober 2020 itu sudah dilihat lebih dari 1,8 juta kali dan disukai lebih dari 1.600 kali. Video juga menunjukkan lokasi dan situasi restoran masakan chinese tersebut.

Uniknya, pengunjung restoran mesti melewati lorong yang cukup panjang sebelum akhirnya menemukan meja tempat makan yang terletak di ujung gang.

"Kalian pernah enggak makan di gang kecil yang dijadikan rumah makan? Mau lewat aja mesti permisi dulu sama yang masaknya guys," terang Vinny Laurencia, pemilik akun TikTok @kulinersamacici.

Kita memang harus melalukan itu karena lorong restoran digunakan sebagai dapur dan menjadi tempat berbagai peralatan masak restoran. Pengunjung harus permisi dengan orang-orang yang sedang memasak sebelum menuju meja makan. Tempat makan yang disediakan juga tidak terlalu besar, hanya sekitar dua sampai tiga meja makan.

Pengunjung yang tertarik untuk mencoba makan di sini, bisa datang langsung atau pesan lewat layanan pesan antar. Harga makanan yang ditawarkan restoran chinese food ini juga cukup murah dengan satu porsi lauk berkisar dari Rp20 ribuan sampai Rp30 ribuan.

"Harganya termasuk murah untuk rumah makan seperti ini di Jakarta apalagi dengan porsi yang lumayan besar. Lihat aja fuyunghai nya tebel banget dan saosnya banyak. Jadi jangan sampai nggak mampir ke tempat ini," ucap Vinny lagi.

2 dari 3 halaman

Dapurnya Dipertanyakan

Menu di restoran itu tak jauh beda dengan rumah makan chinese food pada umumnya, seperti nasi goreng, mi goreng, fuyunghai, udang goreng tepung, capcay dan ifumi. Restoran ini juga menyajikan beberapa makanan non-halal.

Penampakan restoran dalam gang sempit ini menimbulkan berbagai reaksi warganet. Seorang warganet TikTok juga mengungkapkan pengalaman makan di sana. "Ini langganan ku cici, di mangga dua dekat asemka. Emang enak banget," tulisnya.

Akun lain malah mempertanyakan kenapa dapur restoran tidak dibuat di tempat makan dan tempat makan dipindahkan ke bagian dapur. Pertanyaan tersebut dijawab warganet lain.

Ada yang berpendapat kalau itu sisi unik rumah makan tersebut dan kebudayaan dari restoran khas China untuk menunjukkan dapurnya. Warganet lain berpendapat kalau desain tersebut berguna untuk menarik perhatian pengunjung.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: