Sukses

Berlian Langka Sempurna Seukuran Telur Dilelang Secara Daring

Padahal, melelang berlian secara daring dinilai sangat berisiko, mengapa demikian?

Liputan6.com, Jakarta - Berlian langka sempurna dengan berat 102,39 karat telah dilelang di Sotheby Hong Kong pada Senin, 5 Oktober 2020. Batu berharga seukuran telur itu diklasifikasikan sebagai warna D, nilai tertinggi untuk berlian putih.

Melansir laman South China Morning Post, Rabu (7/10/2020), rumah lelang tersebut belum memberi 'harga cadangan' untuk berlian tersebut. Namun, harganya diperkirakan berkisar antara 12--30 juta dolar Amerika (Rp177 miliar-Rp442 miliar).

"Pembeli berlian ini mendapat harga murah,” kata Tobias Kormind selaku direktur pengelola perhiasan daring, 77 Diamonds. Selama pandemi COVID-19, para investor kelas atas tercatat menyimpan aset berupa berlian, properti, dan emas sebagai tabungan jaminan ekonomi yang aman.

Ada tujuh berlian putih berukuran lebih besar, yakni 100 karat dengan kualitas serupa, yang sudah dilelang lebih dulu. 

Batu berharga nan langka itu terjual tanpa ada opsi harga lain. Pihak pelelang menawarkan berlian dengan harga tinggi dan tak ada penawaran lain dalam lelang kali ini.

Sebenarnya, melelang berlian, terutama berlian langka, secara daring sangat berisiko. Pasal, penyelenggaraannya takut menimbulkan desas-desus yang diharapkan penjual, sehingga terjadi kenaikan harga akhir.

Dalam kasus ini, penjual mengambil keputusan berani yang bisa saja kembali menggigit mereka, menurut Kormind.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan Penjualan Batu Berharga

Batu kasar 271 karat berlian putih dengan bentuk sempurna ini pertama kali ditemukan di Tambang Victor Kanada yang sudah ditutup pada 2018.

Pada November 2017, berlian lain senilai 163,41 karat terjual di Jenewa seharga 33,8 juta dolar Amerika (Rp499 miliar). Biaya tersebut sudah termasuk komisi rekor global.

Tujuh bulan sebelumnya, berlian merah mudah atau biasa disebut Pink Star raksasa terjual di Hong Kong seharga 71,2 juta dolar Amerika (Rp1,050 triliun). (Vriskey Herdiyani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.