Sukses

Positif Covid-19, Melania Tampil Tak Biasa Saat Dampingi Donald Trump dalam Debat Capres

Melania Trump sepertinya punya pandangan berbeda dengan suaminya, Donald Trump, atas wabah Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi pejabat publik jadi korban Covid-19. Kali ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan istrinya, Melania, menyatakan positif terjangkit virus SARS-CoV-2 setelah hasil tes keluar.

Mereka menjalani tes swab setelah lingkar dalam Gedung Putih ada yang terjangkit wabah tersebut. Selanjutnya, Donald dan Melania menjalani karantina bersama di Gedung Putih. Dokter kepresidenan Sean Conley menyebut keduanya dalam keadaan sehat.

Sebelum itu, Melania terlihat mendampingi Donald dalam debat perdana melawan kandidat calon presiden Partai Demokrat, Joe Biden. Ia mengatakan, saat itu baik dirinya maupun suami dalam keadaan sehat.

Berdiri berdampingan dengan Donald Trump, Melania tampak elegan dalam setelan blazer hitam bergaris putih. Pilihan busana formalnya itu menyesuaikan momen penting untuk karier sang suami di kancah politik.

Tapi, bukan busananya yang menarik perhatian publik, melainkan masker yang dipakai. Ibu negara terlihat memakainya saat berjalan menuju kursi penonton yang disediakan. Ia juga tetap mengenakannya saat menyimak kampanye bersama anak-anak sambungnya, seperti Ivanka Trump, Eric Trump, dan Tiffany Trump, yang memilih tak mengenakan penutup muka sama sekali.

Penampilan bermaskernya itu terbilang momen langka karena selama ini, ia jarang terlihat mengenakannya dalam banyak sesi foto. Namun, dikutip dari Glamour.com, Jumat (2/10/2020), Melania terbilang lebih sering mengenakan masker dibanding sang suami. Donald Trump bahkan tak mewajibkan penggunaan masker tersebut secara nasional.

Kebijakan berbeda diambil oleh Gubernur Ohio Mike DeWine, tempat debat diselenggarakan, yang mewajibkan warga berusia di atas 10 tahun menggunakan masker ketika berada di dalam ruang yang bukan perumahan,  atau luar ruang. tapi tak bisa menjaga jarak dari orang-orang. Namun, ada pengecualian bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, individu aktif berolahraga, petugas keagamaan, mereka yang terlibat dalam keamanan publik, serta orang yang sedang minum atau makan.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunda Acara

Khusus dalam debat tersebut, baik Trump dan Biden tak memakai masker saat berada di atas panggung. Hal itu berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak sebelum debat. Kondisinya memungkinkan mengingkat jumlah penonton sangat sedikit dan para hadirin menjalani tes sebelum acara.

Terkait hasil tes Covid-19, Melania pun menyampaikan kondisi terkini lewat Twitter. Ia berkata dirinya dan sang suami dalam keadaan sehat. 

"Seperti yang dilakukan banyak warga Amerika tahun ini, POTUS (President of the United States) dan saya melakukan karantina dalam rumah setelah dites positif Covid-19. Kami merasa baik dan saya telah menunda acara-acara mendatang," ujar Melania. 

"Tolong pastikan bahwa Anda tetap aman dan kita akan melalui ini bersama," ujar Melania.

Selama jadi First Lady, Melania terutama aktif dalam isu anak dan kesehatan. Baru-baru ini, ia ikut kampanye kesadaran melawan kanker payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.