Sukses

Komentar Ridwan Kamil soal Surat Nikah dan Akta Cerai Bung Karno dan Inggit Garnasih

Ridwan Kamil kedatangan keluarga besar Inggit Garnasih, istri kedua Bung Karno. Berikut komentar Gubernur Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Persoalan surat nikah dan akta cerai antara Bung Karno atau Soekarno dan Inggit Garnasih mencuat ke permukaan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya turut berkomentar tentang akta nikah presiden pertama Republik Indonesia itu.

Lewat unggahannya itu, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa surat nikah dan akta cerai Bung Karno dan Inggit Garnasih tak dijual kepada kolektor pribadi. Hal tersebut diungkapkan saat menerima kedatangan keluarga besar Inggit Ganarsih.

"Siang ini saya menerima kedatangan keluarga besar Ibu Inggit Garnasih yang menyampaikan kesepakatan mayoritas keluarga (para cucu Ibu Inggit ternyata ada 7 orang dari 2 anak angkat Bu Inggit) untuk menyerahkan surat nikah dan akta cerai Bung Karno dan Ibu Inggit Garnasih kepada negara. Tidak untuk dijual kepada kolektor pribadi," tulis lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu, Senin, 28 September 2020.

Menurut Kang Emil, negara nanti yang akan mengganti biayanya. Sementara keluarga besar menyerahkan kepada aturan dan regulasi yang ada.

"Insya Allah jika semua rencana berjalan baik, kami akan proses secara prosedural dimana menurut hemat kami, dokumen bersejarahnya akan afdol jika disimpan di Gedung Arsip Nasional, bukan di lingkungan Pemprov Jawa Barat.Hatur Nuhun," imbuh Ridwan Kamil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Selesai dengan Baik

Sementara itu, Nova Soraya yang hadir dalam pertemuan itu berharap persoalan tersebut bisa diselesaikan dengan baik antara kedua belah pihak. Nova berterima kasih kepada Ridwan Kamil yang bersedia menjadi mediator untuk urusan tersebut.

Dalam unggahannya, Nova menjelaskan bahwa ibundanya merupakan salah satu cucu dari anak angkat Inggit Garnasih dan Bung Karno.

"(mama anak ke 5 dr ibu Ratna Juami yg merupakan anak angkat dr Ibu inggit dan Bung Karno)mama beserta kakak2 nya yg lain dan adiknya(jd cucu angkat nya bukan 1 orang yaa)tidak setuju kl dokumen pribadi tokoh bangsa ini diperjualbelikan dan lebih baik disimpan oleh arsip negara/museum Inggit Garnasih..Bismillah semua lancar 🙏🏻🙏🏻," tulis Nova Soraya.

Inggit Garnasih merupakan istri kedua Presiden Soekarno. Mereka menikah pada 1923 di rumah orangtua Inggit di Bandung, Jawa Barat. Mereka bercerai pada 29 Januari 1943.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.