Sukses

Heboh Ketua DPR AS ke Salon Tanpa Pakai Masker, Apa Komentar Donald Trump?

Ketua DPR AS Nancy Pelosi tercatat kerap mengkritik Donald Trump yang tidak memakai masker saat tampil di depan umum.

Liputan6.com, Jakarta -  Lebih mudah berucap dibanding berbuat. Ungkapan itu sepertinya pas ditujukan pada Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi.

Salah satu orang paling berkuasa di Partai Demokrat ini populer karena sering menyindir Presiden Donald Trump yang jarang memakai masker di depan publik.

Namun, dalam sebuah rekaman yang didapat Fox News, dilansir Rabu, 2 September 2020, Pelosi tertangkap kamera melanggar aturan pencegahan virus corona baru di San Fransisco, California.

Di video tersebut, Pelosi terlihat sedang berjalan di dalam sebuah salon kecantikan tanpa masker menutupi wajahnya.

Wanita yang pernah merobek salinan pidato Trump di gedung Senat AS itu tampak memakai jaket dan celana panjang salon berwarna hitam. Di belakang Pelosi ada seorang penata rambut yang memakai masker.

Negara Bagian California adalah salah satu wilayah di AS paling terdampak pandemi Covid-19.  Hal itu membuat pemerintah setempat menganjurkan pemakaian masker di tempat-tempat publik.

Atas kejadian tersebut, jubir Partai Demokrat Negara Bagian California, Drew Hammil, berkilah Pelosi tidak sadar melanggar aturan.

"Tempat usaha itu menawarkan ibu Ketua DPR untuk datang hari Senin dan memberi tahu bahwa mereka sudah diberi izin untuk melayani hanya satu pelanggan," ucap Hammil, menurut laporan BBC.

"Ibu Ketua DPR selalu patuh pada aturan yang diberlaku," lanjutnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuitan Donald Trump

Dalam berbagai kesempatan, Nancy Pelosi selalu mengingatkan warga AS memakai masker. Menurutnya, memakai masker tak lagi bisa ditawar, terlebih bila social distancing sulit dilakukan.

Meski begitu, aksi Pelosi yang datang ke salon tanpa masker ini dengan cepat ditanggapi Partai Republik yang menilainya sebagai sosok munafik.

Sebelumnya, Pelosi berulang kali menegur rekan-rekan Partai Republik dan Presiden Donald Trump karena tidak mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah transmisi Covid-19. Tak lama setelah berita tersebut beredar luas, Donald Trump langsung berkomentar melalui akun Twitter-nya.

"Nancy Pelosi gila dan kacau karena mendatangi salon kecantikan yang buka, saat (salon) yang lain ditutup, dan tidak mengenakan masker. Padahal, (Pelosi) terus-menerus menguliahi orang lain," cuit Trump pada Rabu, 2 September 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.