Sukses

Mengenang Perjalanan Barli Asmara ke Masjid Camlica Turki

Barli Asmara terbilang sering traveling. Salah satu tempat yang dikunjunginya adalah Turki.

Liputan6.com, Jakarta - Semasa hidup desainer Barli Asmara memiliki beragam kenangan, di antaranya soal kunjungannya ke Turki. Salah satu tempat yang dikunjunginya adalah Masjid Camlica di Istanbul.

"Cuma bisa bilang Masya Allah lihat Masjid Camlica ini yg Terbesar di Turki," tulis Barli dalam sebuah unggahan pada akhir Oktober 2019 lalu. Meski kedatangannya untuk kerja, Barli menggunakan kesempatan itu juga untuk liburan.

Barli mengungkapkan, kunjungannya ke Turki berawal dari sebuah mimpi dan ucapan. Rupanya keinginannya itu dikabulkan hingga tiba di Istanbul.

"Memang yah ucapan tuh DOA, perbanyak ucapan yg bijak, banyak ucapan salam terhadap sesama dan DOA selalu kepada AllahSWT," kata Barli.

Ia bersyukur bisa berkunjung ke Masjid Camlica yang besar dan bagus. Ia bahkan sempat bingung saat mencari spot foto untuk diabadikannya.

"BINGUNG cari spot foto, tapi yg gak bingung untuk melakukan Ibadah sholatnya, soalnnya pas Kunjungan ini pas banget waktu sholat, jadi bisa sholat ngerasain gimana ademnya didalam dan melihat arsitektur bangunan yang megah banget," kata Barli Asmara.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid Terbesar di Turki

Masjid Camlica merupakan masjid terbesar di Turki yang dibuka secara resmi pada 3 Mei 2019 lalu. Masjid yang mampu menampung 63 ribu jemaah ini memiliki enam menara setinggi 107, 1 meter, seperti dilansir dari Daily Sabah, Kamis, 27 Agustus 2020.

Enam menara itu melambangkan rukun iman. Sementara, angka 107,1 melambangkan kemenangan pasukan Seljuk atas tentara Bizantium dalam pertempuran Manzikert pada 1071.

Dua menaranya memiliki balkon dan tingginya mencapai 90 meter. Masjid Çamlıca adalah kompleks paling modern di Turki dengan galeri seni, perpustakaan, ruang konferensi, studio seni dan Museum Peradaban Islam.

Kubah utama masjid setinggi 72 meter melambangkan 72 warga negara yang tinggal di Istanbul, dan kubah 34 meter melambangkan kota Istanbul. Pada kubah utama masjid, terdapat finial dengan lebar 3,12 meter dan tinggi 7,77 meter dengan berat 4,5 ton.

Finial yang diwarnai dengan nanoteknologi dan terdiri dari tiga bagian ini merupakan finial terbesar di dunia. Masjid Çamlıca memiliki beberapa gerbang terbesar untuk tempat ibadah di dunia, dengan gerbang utama terbentang 5 meter, tinggi 6,5 meter dan berat 6 ton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.