Sukses

Barli Asmara Meninggal Dunia, Para Pesohor Berduka

Barli Asmara meninggal dunia di usia 42 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Barli Asmara dikabarkan meninggal dunia. Kabar kematian desainer kelahiran Bandung, 3 Maret 1978, itu diketahui melalui unggahan Zaskia Sungkar di akun Instagram @zaskiasungkar15.

"kk..innalillahi wa inna ilaihi rojiun," tulis istri Irwansyah tersebut, Kamis (27/8/2020).

Belum ada penjelasan mengenai penyebab kematian desainer yang terkenal dengan desainnya yang feminin tersebut. Namun, unggahan terakhir Barli di akun Instagramnya sudah dipenuhi ucapan duka dan doa dari para kolega dan para pengikutnya.

"Love you kakak @barliasmara ❤️," tulis aktris Naysila Mirdad.

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Selamat jalan kak Barli. Insya Allah diberikan tempat terbaik di sisiNya 💙," tulis Alyssa Subandono.

Jelang kematiannya, Barli Asmara masih sempat mengunggah sejumlah koleksi bertajuk Unchained. Delapan gambar terakhir terkait koleksi tersebut diunggah dalam format hitam putih.

Pada kolom keterangan, Barli menuliskan bahwa ia  terinspirasi oleh individu-individu yang berani mengekspresikan diri. Dengan tetap mempertahankan ciri khasnya, koleksi itu mencerminkan gaya feminin dan kuat dalam satu napas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar Otodidak

Keahlian Barli merancang busana bukan didapat lewat pendidikan formal. Ia justru menempuh pendidikan desainer interior pada 1996-1998, dilanjutkan dengan studi komunikasi bisnis pada 1998.

Namun, ia berbakat menggambar. Hobinya itu yang diasahnya hingga mampu mewujudkan mimpi sebagai desainer fesyen.

Pada 2000, ia berhasil mendirikan label dan dikenal dengan ciri kha kaya detail manik-manik, mutiara, permata, rumbai, dan bulu serta permainan teknik simpul makrame, sulam, dan bordir. Belakangan, ia memfokuskan diri pada produksi busana muslim dan berkolaborasi dengan beragam desainer muda, seperti Dian Pelangi dan Zaskia Sungkar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.