Sukses

Chef Arnold Bagikan Rumus Menentukan Harga Jual Makanan yang Datangkan Cuan

Liputan6.com, Jakarta -  Selain dikenal sebagai chef dan juri acara kompetisi memasak, Chef Arnold juga memiliki sejumlah usaha kuliner. Salah satunya adalah restoran Mangkok Ku yang dimilikinya bersama dua putra Presiden Jokowi.

Ayah satu anak yang cukup aktif di media sosial ini tak pelit membagikan kiat-kiatnya dalam membangun usaha. Baru-baru ini, Chef Arnold berbagi tips tentang cara menentukan harga jual makanan bagi para pengusaha kuliner melalui akun Twitternya.

Hal ini bermula dari cuitan pengguna akun squidwardfess di Twitter yang meminta saran tentang bagaimana cara menentukan harga jual salad buah dagangannya.

"Sqw! Kalau ambil harga tuh gimana sih? Aku mau coba jualan salad buah ini gambar + harga dari sellernya. Sebelumnya makasih yg udh jawab, btw aku dom mjk-jatim," tulisnya pada 1 Juli 2020.

Tanpa disangka, pertanyaannya itu dikomentari oleh Chef Arnold. Pada komentarnya, pemilik nama lengkap Arnold Poernomo ini menyarankan agar pengusaha kuliner memakai rumus harga total keseluruhan bahan dan packaging dibagi 0,3.

"Harga total keseluruhan bahan dan packaging / 0.3 = harga jual Supaya cuan. Contoh saya beli barang mentah dan sampai jadi total 20rb mau di jual20rb /0.3 = 66,666rb bisa di bulat kan ke 66.000 atau 66.500 atau kalo saya ya 70.000," tulis Chef Arnold, dalam cuitannya pada 1 Juli 2020.

Lalu ada warganet yang penasaran dengan rumus cara menentukan harga jual makanan tersebut. "Dari akal sehat kecuanan," jawab Chef Arnold. Jawaban Chef Arnold menuai beragam komentar warganet, ada yang setuju dan ada juga yang menganggap harganya terlalu tinggi.

2 dari 3 halaman

Prioritaskan Cuan

"ea gw sebagai seorang marketing sangat setuju pendapat chep arnold, prioritaskan cuan sebelum menerbangkan prodak kita," komentar akun Dennies_LS.

"Kalo cep arnold yang jual mah harga berapapun orang tetep ae bilange 'worth it'," tulis akun kkokocrush.

Selain membagikan rumus menentukan harga, suami dari Tiffany Soetanto ini juga pernah berbagi tips merintis usaha di bidang kuliner. Menurut Chef Arnold, langkah awalnya adalah membuat pre-order (PO) di rumah. Sebagai sarana pendukung, juga bisa menggunakan platform digital, baik aplikasi jasa antar-makanan online hingga media sosial.

"Mau mulai bisnis, mulai aja yang penting ingat produknya harus bagus jangan takut-takut. Pakai semua opportunity dan platform digital yang ada. Promosi sekarang gratis di sosial media, Instagram banyak stiker-stiker yang supportable bisnis," terangnya beberapa waktu lalu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: