Sukses

Minum Air Mineral Bisa Cegah Kecemasan Berlebih Hadapi Kenormalan Baru

Liputan6.com, Jakarta - Kewaspadaan menyambut kenormalan baru disebut tak jarang berujung kecemasan berlebih. Berada di situasi yang belum pernah dihadapi, Praktisi Mindfulness dan Emotional Healing Adjie Santosoputro mengatakan, sangat wajar bila seseorang merasa cemas.

"Justru kalau tidak cemas itu yang aneh," katanya dalam webinar Hidrasi Sehat dan Mindfulness untuk Kurangi Kecemasan Hadapi Kenormalan Baru, Kamis, 25 Juni 2020.

Perasaan cemas, sambung Adjie, sebenarnya hanya harus dijaga supaya tak berlebihan. "Karena cemas berlebihan bisa berpengaruh ke tubuh, akhirnya berimbas ke mana-mana, termasuk produktivitas kerja," imbuhnya.

Efek secara fisik ini dibenarkan Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi selaku Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG). Dalam penjelasannya, dr. Diana menyebut, berdasarkan studi, 75 persen otak manusia terdiri dari air.

Jika tubuh kehilangan sedikitnya dua persen dari jumlah total air dalam tubuh, hal ini dapat mengganggu fungsi tubuh. "Akibat dari fungsi kognitif dan mood yang terganggu, seseorang akan merasa konsentrasinya menurun, mudah mengantuk dan lelah, serta lebih mudah cemas dan tegang," paparnya. 

Ia menjelaskan, soal kebutuhan hidrasi harian orang sebenarnya berbeda, tergantung pada aktivitas yang dilakukan pada hari itu. Anda bisa menghitung kebutuhan air menggunakan kalkulator hidrasi di laman sehataqua.co.id/hydrationcalculator/index.html.

2 dari 3 halaman

Kualitas Air

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan, baik secara fisik maupun mental, terutama di masa kenormalan baru, Danone-AQUA berkomitmen menyediakan air minum berkualitas dari sumber terlindungi.

"Sebagai perusahaan yang percaya pentingnya menyebarkan kebaikan, kami ingin terus mengingatkan masyarakat memenuhi kebutuhan hidrasi sehat harian agar mengurangi risiko dehidrasi yang bisa memengaruhi tingkat kecemasan,” ujar Intan Ayu Kartika selaku Danone-AQUA Brand Director.

Karenanya, AQUA sangat memerhatikan proses pengambilan air dari sumbernya. "Prinsip kami adalah melindungi alam untuk melindungi masyarakat. Kami sadar bahwa kami tidak mungkin bisa menyediakan hidrasi sehat tanpa menjaga hulunya," ucap Intan.

"Makanya, Danone-AQUA berkomitmen untuk terus memastikan sumber air alami kami yang tersebar di Indonesia terlindungi keberlanjutan ekosistemnya,” sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: