Sukses

Erick Thohir Bangun Masjid Megah dan Luas di Depok, Apa Saja Fasilitasnya?

Liputan6.com, Jakarta - Mewujudkan keinginan orangtua tentu merupakan hal yang baik dan mulia. Hal itu juga dilakukan Menteri BUMN, Erick Thohir. Ia mengabadikan kenangan akan sosok almarhum ayahnya, H Muhammad Thohir, lewat sebuah masjid yang kini sedang dibangun keluarga besarnya.

Masjid yang diberi nama At-Thohir ini merupakan salah satu keinginan almarhum ayahnya sebelum tutup usia.

"Ada satu niatan ayah yang keluarga kami lanjutkan, yakni membangun sarana dakwah dan ibadah," tulis Erick Thohir di akun Instagramnya.

Masjid ini sedang dibangun di daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Bangunan ini memiliki serambi yang cukup luas di depan. Masih dikelilingi oleh berbagai pohon rindang dan halaman yang luas membuat masjid ini nampak berdiri dengan megah.

Terdapat empat menara yang dibangun menjulang di beberapa sisi masjid. Selain itu, beberapa kerangka jendela juga sudah nampak terpasang di banyak sisi. Yang menarik adalah tangga masjid.

Tangganya dibangun melingkar unik di dalam minaret atau menara masjid, seperti desain arsitektur Timur Tengah. Masjid ini sepertinya akan dibangun dengan corak modern.

2 dari 5 halaman

Keramik di Tempat Wudu

Dari dalam bangunan masjid, nampak beberapa hiasan berbentuk menara siap menambah aksen religius nan mewah.

Yang tak kalah menariknya adalah ruang berwudu untuk menyucikan diri sebelum beribadah. Nampak pekerja tengah memasang keramik dengan corak warna hijau tua.

Hal unik lainnya, masjid ini terlihat berdekatan dengan aliran sungai. Sungai kecil tersebut berada di depan masjid yang dibangun.

3 dari 5 halaman

Selesai Tahun Depan

Menurut Erick, kenangan akan sosok sang ayah selalu muncul setiap Ramadhan datang. Di bulan suci umat Islam itu, sang ayah kerap menjadi imam dalam keluarganya.

Ayah Erick Thohir diketahui meninggal dunia pada 2016 lalu. "Setiap Ramadhan saya selalu terkenang akan sosok almarhum," tulis Erick.

Erick memprediksi masjid tersebut sudah bisa digunakan di tahun depan sebagai tempat ibadah dan mengkaji Islam.

4 dari 5 halaman

Protokol Kesehatan

Di tengah pandemi, para pekerja tetap melakukan pekerjaannya dengan menerapkan prorokol kesehatan, seperti memakai masker dan menyemprot disinfektan di beberapa bagian bangunan.

"Satu demi satu niat ayah dalam membangun sarana dakwah atas izin Allah SWT telah terwujud. Kami sekeluarga terus berikhtiar membangun masjid yang lokasi ibadah, tempat belajar, mendalami, hingga mengkaji Islam kali ini di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat," tulis Erick.

"Alhamdulillah pada Ramadan ini progres pembangunan Masjid At-Thohir Cimanggis hampir rampung. Insya Allah Ramadhan tahun depan kita semua bisa berkumpul bersama di Masjid At-Thohir Cimanggis," sambungnya.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: