Sukses

Ulang Tahun Jakarta Jadi Momen untuk Melestarikan dan Peduli Budaya Betawi

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki era new normal, DKI Jakarta berulang tahun di hari ini, Senin (22/6/2020). Meski di tengah pandemi, tidak menyurutkan semangat warga Jakarta untuk merayakan ulang tahun kota kebanggaan mereka yang ke-493.

Berbagai acara sudah dan akan digelar. Salah satunya adalah Konser Amal Virtual yang bertajuk ‘Rayakan HUT Jakarta, Hidupkan Seni Kota Kita’. Konser virtual ini menampilkan beberapa artis dan kesenian khas Jakarta. Ada penampilan dari David Nurbianto, Denny Cagur, Kojek Rap Betawi, Lantun Orkestra Bedu, dan Gambang Kromong Artis PASKI DKI Jakarta,

Mereka tampil dalam konser yang tayang di Channel Youtube Betawi Bangkit dan Jakarta Tourism. Konser berlangsung dari Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan, Minggu, 21 Juni 2020 dan berlangsung pada sore hari.

Konser amal ini diadakan oleh Betawi B@nkIT, Jakarta Culture Movement, Paski DKI Jakarta, Batavia Creative Convex ,HOT 93.2 FM , Jakarta Maju Bersama dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Dalam kata sambutannya, Ahmad Riza Patria mewacanakan bakal menyusun dasar hukum yang mendorong pelestarian kebudayaan Betawi.

Dia mencontohkan kebijakan itu nantinya mengatur di setiap acara, seperti perkawinan, harus tersaji minimal satu menu khas Betawi. Tarian Betawi juga harus diperhatikan.

Caranya dengan mewajibkan menyuguhkan minimal satu tarian Betawi di setiap acara nasional atau internasional yang terselenggara di Jakarta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bantuan untuk Seniman Betawi

 

Acara yang dimaksud Wagub DKI Jakarta ini adalah yang digelar oleh pihak di luar pemerintah DKI. Pasalnya, acara yang diselenggarakan pemerintah DKI sudah pasti menampilkan kebudayaan Betawi.

"Itu salah satu cara agar kita bisa melestarikan makanan (atau kebudayaan) Betawi. Karena budaya ini salah satu kekayaan, di tempat lain atau negara lain, belum tentu ada yang punya kekayaan budaya seperti Betawi," ucap pria asal Kalimantan Selatan yang mengaku sudah tinggal di Jakarta sejak usia 17 tahun ini.

Tak sekadar konser, acara ini juga melangsungkan amal. Rencananya, hasil donasi akan disalurkan untuk seniman Betawi yang kurang mampu. Donasi bisa diberikan melalui link berikut, https://kitabisa.com/campaign/bantu100senimandihariulangtahunjakarta.

Perayaan HUT Jakarta di hari ini akan diisi dengan berbagai acara virtual, seperti Jakarta Virtual Tour Museum Tekstil,, 24 Hour Escape, Jakarta Virtual Tour Museum M.H Thamrin, Jakarta Virtual Tour Ancol-Sea World dan Jakarta Great Online Sale.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS