Sukses

Survei: 80 Persen Orang Amerika Pilih Musik untuk Mengatasi Stres Saat Pandemi

Survei membuktikan bahwa orang Amerika memilih musik sebagai cara untuk mengatasi stres saat pandemi corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Musik telah membantu banyak orang untuk mengatasi sehingga mereka yang disurvei mengatakan mendengarkan musik selama 38 menit sehari.

Dalam survei terhadap 2.000 orang Amerika menemukan bahwa musik dan konser virtual memungkinkan responden merasa terhubung satu dengan yang lain.

Sementara, 64 persen dari mereka mengatakan menonton pertunjukan musik virtual selama isolasi diri merasa lebih terhubung dengan orang lain. Jajak pendapat dilakukan oleh OnePoll bersama dengan Harman International, seperti dilansir dari The Sun, Rabu, 10 Juni 2020.

Survei ini bertujuan mengungkap bagaimana kekuatan musik sebagai cara nomor satu orang Amerika mengatasi situasi yang penuh tekanan.

Dari survei itu, 58 persen dari mereka yang diteliti mengatakan itu adalah mekanisme penanganan langsung mereka terhadap stres. Responden lain menemukan bahwa 43 persen responden memilih buku sebagai cara yang bagus untuk mengatasi stres, sedangkan 42 persen memilih berolahraga di saat-saat yang penuh tekanan.

Dalam survei itu juga menemukan bahwa sepertiga responden memilih memasak dan memanggang sebagai sumber kenyamanan. Selain itu, 36 persen mencari kenyamanan saat stres dengan berbicara dengan teman, sementara 31 persen memilih seni dan kerajinan.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Pilih Musik

Orang-orang beralih ke musik karena berbagai alasan. Dari 2.000 responden 79 persen dari mereka yang disurvei mengatakan musik membantu mereka menjadi lebih produktif, sementara hampir 49 persen mengatakan itu membantu mereka tidur lebih baik. Delapan dari 10 mengatakan mereka tidak akan bisa hidup di dunia tanpa musik.

"Manfaat musik yang mendalam dan universal telah ditunjukkan berulang kali," kata Dave Rogers, Presiden Lifestyle Audio di HARMAN.

"HARMAN dan keluarga kami dari merek audio memegang kepercayaan yang mendalam pada kekuatan musik untuk menginspirasi dan meningkatkan suasana hati kami dan kami senang hasilnya menunjukkan responden memiliki keyakinan yang sama pada manfaat musik," lanjutnya.

Mereka dan berterima kasih atas manfaat emosional dan fisik yang diberikan musik, terutama selama masa-masa sulit seperti sekarang. Di dunia di mana mobil adalah satu-satunya tempat orang Amerika yang melarikan diri dari kenyataan, 85 persen yang mengejutkan mengatakan mendengarkan musik sambil mengemudi berdampak positif pada suasana hati mereka.

Selama masa-masa sulit ini, 39 persen mengungkapkan bahwa mereka telah membuat daftar putar musik saat isolasi diri untuk membantu melewati pandemi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.