Sukses

Sederet Gerakan untuk Atasi Nyeri Leher dan Lutut Selama Kerja dari Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Tak selalu mudah, bekerja dari rumah pun punya tantangan sebagaimana saat produktif di kantor. Salah duanya adalah risiko nyeri leher dan lutut, terutama bagi Anda yang duduk dalam waktu lama.

Lewat sebuah video singkat yang diterima Liputan6.com, Sabtu, 23 Mei 2020, dr. Michael Triangto dari Slim and Health Sports Therapy merekomendasikan beberapa gerakan sederhana untuk mengatasi keluhan tersebut.

"Untuk menyatasi nyeri leher, kita dapat melakukan beberapa peregangan di tempat kerja kita," ucap dr. Michael. Dari posisi duduk, satuan kedua tangan dan letakkan di bawah dagu dengan posisi sedikit mendongak dalam lima hitungan.

Lalu, tundukkan kepala dan beri tekenan sedikit di kepala bagian belakang menggunakan jari tangan, pun dalam lima hitungan. Selanjutnya, taruh tangan kanan di bawah dagu dan dorong kepala menggunakan tangan untuk menengok ke sebelah kanan, tahan dalam lima hitungan.

Lakukan yang sama dengan tangan kiri dan menengok ke arah kiri. Lalu, dekatkan kepala ke pundak kanan dan tarik dengan bantuan tangan kanan, juga lakukan sebaliknya ke sisi kiri dan taruh tangan kiri di kepala. Semuanya dilakukan dalam lima hitungan untuk meredakan nyeri leher.

2 dari 3 halaman

Atasi Nyeri pada Lutut

Sementara untuk meredakan nyeri pada lutut, Anda perlu berdiri dan taruh kedua tangan di atas meja. Lalu, buka kaki lebih lebar dari jarak kedua tangan yang jadi tumpuan.

Perlahan turunkan tubuh dengan cara melipat kaki sebelah kanan jadi hampir 90 derajat. "Badannya usahakan tetap tegak," tutur dr. Michael. Naik ke titik semula, lakukan hal yang sama dengan kaki kiri.

Sederet gerakan peregangan itulah yang direkomendasikan dr. Mchael untuk meredakan nyeri di bagian leher dan lutut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: