Sukses

McDonald's Sarinah Juga Pernah Ditutup 11 Tahun Lalu

Liputan6.com, Jakarta - McDonald's Sarinah, restoran franchise pertama itu akhirnya ditutup selamanya per 10 Mei 2020 pada pukul 22.05 WIB. Bukan karena gulung tikar, restoran cepat saji itu hengkang dari pusat perbelanjaan ikonis Jakarta karena manajemen gedung hendak merenovasi dan akan mengubah strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

Jauh sebelum penutupan tersebut diumumkan, McDonald's Sarinah juga pernah ditutup pada 1 Oktober 2009. Alasan saat itu adalah hak waralaba McDonald's di Indonesia yang dimiliki oleh Bambang Rachmadi lewat PT Bina Nusa Rama dicabut izinnya oleh International Development Services (IDS) yang berafiliasi dengan McD Corp.

Izin waralaba McD di Indonesia kemudian diambil alih oleh PT Rekso Nasional Food, yang merupakan anak perusahaan Rekso Group. Perusahaan itu adalah induk perusahaan minuman kemasan Sinar Sosro. Namun, tidak semua outlet bisa diambil alih.

Dari 110 outlet McDonald's saat itu, Bambang masih memiliki 13 outlet yang tetap dilanjutkan operasionalnya, yakni Sarinah (Thamrin), Melawai Plaza, Blok M Plaza, Arion, Kelapa Gading, Sunter, Bandung Indah Plaza, Plaza Surabaya, Bandara Soekarno-Hatta, ITC Mangga Dua, Citra Land, Gajah Mada Plaza, dan Kebon Jeruk.

Ia pun mengganti nama McDonald's menjadi Tony Jack's Indonesia. Dengan begitu, seluruh outlet yang dimiliki Bambang berganti nama, termasuk outlet McDonald's Sarinah.

Namun, keberadaan Tony Jack's Indonesia tidak berlangsung lama. Beberapa bulan kemudian, Tony Jack's Indonesia bangkrut. Ruang yang ditempati restoran yang juga menjual nasi dan ayam goreng itu sempat kosong beberapa waktu sebelum akhirnya McDonald's kembali ke Sarinah Thamrin pada 2011 melalui proses tender.

 
2 dari 3 halaman

Banyak Kenangan

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (8/5/2020), surat permintaan manajemen Gedung Sarinah agar McDonald's menutup gerai pertamanya disampaikan melalui surat resmi yang diterima manajemen pada Kamis, 30 April 2020. Mau tak mau, permintaan itu dipenuhi manajemen.

Meski begitu, kenangan terhadap gerai tersebut melekat dalam. Menurut Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital, dan CBI McDonald's Indonesia, McDonald's Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald's di Indonesia.

Sementara bagi jutaan konsumen yang pernah singgah di restoran tersebut, McDonald’s Sarinah Thamrin adalah kenangan indah yang telah menciptakan jutaan momen berharga dan tak terlupakan.

"Banyak konsumen kami yang memiliki pengalaman pertama bersama McDonald’s di Sarinah Thamrin dan sekarang mewariskan pengalaman itu kepada anak-anak mereka dengan tetap menjadi pelanggan setia McDonald’s Sarinah Thamrin," ujar Michael.

Dengan ditutupnya restoran McDonald’s Sarinah Thamrin ini, McDonald's memastikan seluruh karyawan yang selama ini bekerja di restoran tersebut akan tetap dipertahankan pekerjaannya dan direlokasi ke berbagai restoran McDonald's lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua konsumen setia kami yang telah bersama-sama membesarkan McDonald's Sarinah Thamrin dan menciptakan berjuta kenangan manis bersama kami di sana," ujar Michael lagi.

Sebagai alternatif, konsumen dapat mengunjungi restoran-restoran terdekat dengan Sarinah seperti McDonald's Hayam Wuruk, McDonald's Raden Saleh, McDonald's Cideng dan McDonald's Central Plaza.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Unik, Potret Kompakan Baju Lebaran Ala Netizen